Cara Menginstal, Menggunakan & Update Aplikasi SAS 2019 & 2020

3 min read

Aplikasi SAS – adalah sebuah aplikasi yang digunakan oleh satuan kerja pemerintah pusat, yang mana berfungsi untuk membuat SPP (Surat Perintah Pembayaran), SPM (Surat Perintah Membayar) dan ADK (Arsip Data Komputer) SPM gaji dan yang lainnya.

Dengan fungsi yang dimiliki oleh aplikasi SAS 2019 tersebut membuat kehadirannya sangat vital. Bagaimana tidak, jika terjadi kendala atau kerusakan pada aplikasi tersebut maka dapat membuat proses pembuatan SPM gaji dan beberapa SPM lainnya menjadi terhambat.

Nah, jika terjadi kerusakan pastinya pada bendahara atau operator aplikasi SAS satker yang menjadi bulan-bulanan pegawai karena keterlambatan gaji yang seharusnya sudah turun. Oleh karena itu, penting bagi para operator aplikasi SAS ataupun bendahara untuk mengetahui cara penggunaan aplikasi tersebut dengan benar.

Namun pada pembahasan kali ini, tidak hanya akan dibahas tentang cara menggunakannya saja. Akan tetapi, juga akan dibahas tentang cara install aplikasi SAS dan update aplikasi SAS.

Cara Instal Aplikasi SAS

cara instal aplikasi SAS
credit: Rentetan

Untuk bisa melakukan penginstalan pada aplikasi SAS 2019 ada beberapa cara yang harus diperhatikan dengan baik. Berikut, beberapa cara yang bisa Anda tiru untuk melakukan penginstalan.

1. Download File Instalasi

cara instal & download aplikasi SAS
credit: Reva Eka Putra

Langkah pertama, Anda harus memiliki file instalasinya terlebih dahulu. Jika belum, maka Anda bisa mendownload file aplikasi SAS 2019.

2. Instalasi

cara menginstal aplikasi sas
credit: Kemenag Kota Batu

Setelah memiliki file SAS, maka tahap berikutnya yang harus dilakukan ialah instalasi. File instalasi aplikasi SAS 2019 ini terdiri dari dua macam, yakni installer Aplikasi serta database. Tentunya, kedua file tersebut harus Anda install semua.

Untuk melakukan penginstalan tidak harus dilakukan secara berurutan. Anda bisa menginstal aplikasinya terlebih dahulu atau databasenya terlebih dahulu.

Untuk penginstalan, Anda tinggal melakukan double klik pada file atau klik kanan pada file yang akan diinstal. Setelah itu, pilih ‘Run as administrator’. Jika sudah, Anda hanya tinggal mengikuti langkah-langkah berikutnya sesuai dengan dialog box yang muncul pada tampilan komputer atau PC.

3. Menjalankan Aplikasi

cara menggunakan aplikasi SAS
credit: Kemenag Kota Batu

Setelah instalasi berhasil, maka Anda bisa menjalankan aplikasi tersebut. Caranya pun mudah, Anda hanya tinggal double klik pada ikon aplikasi SAS 2019 yang sudah ada di desktop PC. Nah, jika aplikasi tersebut tidak muncul pada tampilan layar, Anda bisa masuk ke folder C://AplikasiSAS2019 kemudian double klik pada file SAS_19.EXE.

Baca Juga: Aplikasi Mendapatkan Uang pakai HP

Setelah itu, akan muncul halaman login. Bagi para pengguna yang akan masuk untuk pertama kali harus menggunakan user : admin dan password : admin terlebih dahulu, lalu klik LOGIN. Jika sudah, maka akan muncul tampilan antar muka dari aplikasi SAS.

Transfer Pagu

Setelah Anda menginstal aplikasi SAS 2019, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum menggunakan aplikasi ini untuk bisa membuat SPM dan LPJ. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus disiapkan, seperti:

  • ADK dan PDF DPA Tahun berjalan
  • Aplikasi SAS yang sudah diinstal
  • Data pengelola keuangan satker seperti nama dan NIP Kuasa Pengguna Anggaran (Kepala Kantor), Pejabat Pengelola Komitmen, Pejabat Penandatangan SPM, serta Bendahara baik untuk pengeluaran ataupun penerimaan jika ada
  • Data rekening bendahara pengeluaran (dan penerimaan, jika ada).

Proses Transfer Pagu

cara transfer PAGU
credit: Go Anywhere
  • Masuk pada aplikasi SAS dengan menggunakan user admin. Pastikan bahwa Anda harus masuk ke menu Referensi I – Satker lebih dulu. Setelah itu, lakukan pencarian dengan menggunakan kode satker, kemudian centang pada kotak yang ada di sebelah kanan. Keluar.
  • Pilihlah menu Pagu, kemudian klik ‘transfer pagu dan revisi pagu’.
  • Pilih LOV (List of Value) ditandai dengan tanda titik tiga, setelah itu carilah folder dimana file ADK DIPA sudah disiapkan.
  • Klik next (panah hijau arah kanan), lalu Anda akan diminta untuk memasukkan code barcode. Bukalah file PDF DIPA yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Pada bagian kanan atas, Anda akan angka-angka yang berada di bawah barcode. Masukkanlah angka-angka tersebut ke dalam kolom yang sudah tersedia kemudian klik.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan muncul notifikasi ‘press any key to continue’ dan klik enter. Selanjutnya, klik next dan tunggu hingga proses tersebut selesai dan muncul notifikasi ‘proses transfer pagu selesai’.

Cara Menggunakan Aplikasi SAS

Setelah Anda melakukan penginstalan pada aplikasi SAS 2019 tersebut, maka langkah selanjutnya ialah bisa mengetahui cara penggunaan dari aplikasi ini.

Dalam penjelasan berikut, akan dijelaskan tentang melakukan setting user, nomor SPP, KPPN serta penjabat panduan awal SAS III. Untuk mengetahui caranya, Anda bisa langsung menyimak penjelasannya berikut ini.

Setting User

cara setting user di sas Aplikasi
credit: Sahabat Komputindo
  1. Masih dalam user admin, klik Referensi I – User
  2. Ada tiga user yang harus dilakukan penyettingan. Yakni user yang digunakan untuk membuat SPP oleh PPK, user untuk membuat SPM oleh PPSPM serta user untuk membuat LPJ oleh Bendahara (termasuk ke dalamnya Bendahara Penerimaan jika ada). Jangan lupa untuk menyiapkan NIP dari setiap pejabat tersebut untuk kebenaran datanya.
  3. Setelah itu, klik ‘rekam’ isilah data yang sesuai. Pilihan kode yang ada untuk level terdiri dari 2 Operator, sementara kode untuk menu disesuaikan dengan kewenangannya yaitu 1 PPK, 2 PPSPM, 4 Bendahara Pengeluaran.

Setting Nomor SPP dengan cara masuk ke Referensi I – Nomor SPP, lakukan pengisian data sesuai dengan yang diperlukan. Nomor awal (00001), untuk nomor akhir (10000), nomor aktif (1), kemudian klik ‘Enter’ lalu ‘Ok’.

Setting KPPN bisa Anda lakukan dengan ketik 151 (KPPN Tanjung => hanya contoh) pada kolom pencarian. Setelah itu, klik kotak yang ada di kolom default. Apabila Anda di KPPN yang terdapat Kantor Cabang BI-nya, maka Anda perlu klik kotak yang terdapat di kolom ‘Ada KCBI’.

Merekam referensi pejabat yakni dengan cara Referensi I – Pejabat, lalu klik rekam. Isikanlah data untuk KPA. PPK, PPSPM serta Bendahara. Biasanya, untuk KPA dan PPK merupakan orang yang sama, namun tetap harus dilakukan perekaman dua kali dan tentunya dengan menggunakan kewenangan yang berbeda.

Sementara itu, untuk PPK dan PPSPM, Anda hanya perlu mencentang kotak yang ada di bagian paling kanan kolom default.

Update Aplikasi SAS

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan update pada aplikasi SAS 2019 ini, sekarang sudah banyak halaman yang membagikan link untuk melakukan pengeditan dengan berbagai versi. Jadi, Anda tak perlu bingung lagi jika ingin meng-update aplikasi tersebut.

Anda bisa mengakses aplikasi SAS terbaru dengan klik di DJPB Kemenkeu berikut.

Kehadiran aplikasi SAS 2019 memang sangat vital. Oleh karena itu para penggunanya harus mengetahui dengan benar bagaimana cara penginstalan serta penggunaan yang benar. Selain itu, penting juga untuk melakukan update agar tidak mengalami masalah di kemudian hari.

Nah, beberapa pembahasan di atas mulai dari cara menginstal, transfer pagu, cara menggunakan, hingga update aplikasi ini penting untuk diperhatikan dengan baik.

Apalagi, kini sudah tersedia banyak link yang bisa Anda klik untuk melakukan update aplikasi SAS dengan cara yang lebih mudah dan sederhana. Semoga pembahasan kali ini dapat memberikan manfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *