10 Aplikasi Screenshot PC dengan Kapasitas Ringan dan Fitur Lengkap

Bingung mencari aplikasi screenshot PC yang tepat? Saat ini, memang banyak aplikasi screenshot yang bisa digunakan. Namun, tidak semua aplikasi tersebut dilengkapi dengan banyak fitur terbaik di dalamnya.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk teliti memilih salah satu aplikasi terbaik dan terpercaya. Nah, untuk membantu Anda agar bisa menemukan aplikasi screenshot terbaik, berikut akan dijelaskan tentang beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan.

Tak hanya itu, beberapa di antaranya bahkan bisa Anda dapatkan gratis dan memiliki kapasitas kurang dari 20 MB. Pastinya, hanya dengan ukuran aplikasi yang tidak terlalu besar, membuat kinerja komputer atau PC yang dimiliki tidak akan terlalu berat. Penasaran? Langsung saja simak penjelasannya berikut in;

1. Skitch – Windows & Mac

aplikasi skitch
credit: Volume Purchase

Skitch menjadi salah satu aplikasi screenshot PC yang sempat meledak dan banyak digunakan oleh para pengguna PC. Akan tetapi, versi terbaru dari Skitch malah meredup ketika dia tidak lagi mendukung Windows.

Versi terbaru yang diluncurkan hanya bisa digunakan oleh para pengguna Mac OS X. Sementara itu, para pengguna Windows hanya bisa menikmati Skitch versi 2.8 yang dirilis pada November 2016 lalu.

Walaupun versi saat ini hanya bisa dinikmati oleh para pengguna Mac, namun program yang ditawarkan oleh aplikasi screenshot ini cukup menarik.

Terdapat tiga mode yang disediakan oleh program screenshot komputer buatan Evernote tersebut, seperti Full Screen, Region dan Blank. Nah, pengguna akan diantar ke jendela pengeditan setelah menangkap salah satu mode tersebut.

Tak hanya itu, ternyata aplikasi screenshot PC ini juga menyematkan aneka fitur menarik seperti cropping dan juga bluring yang dapat menghasilkan efek yang mendukung. Nah, aplikasi satu ini tentu cocok untuk para pengguna yang ingin membuat tutorial melalui sebuah pengambilan gambar.

Beberapa aksesoris pun disematkan dalam aplikasi Skitch seperti teks, fram, arrow, highlight dan lain sebagainya. Dengan berbagai macam aksesoris tersebut tentunya Anda bisa memperoleh hasil gambar yang lebih menarik.

Kendati beberapa hal tersebut membuatnya memiliki beberapa kelebihan, namun aplikasi ini masih memiliki kelemahan. Kelemahan dari Skitch ini adalah pada bagian seleksi. Dimana, Anda tidak bisa mengulang (redo) saat melakukan kesalahan ketika seleksi. Jadi, mau tak mau Anda harus melakukan start lagi dari awal.

Kolom seleksi dengan warna putih transparan juga menyulitkan Anda untuk menyeleksi objek yang berwarna hitam atau gelap.

2. PicPick – Windows

Credit: Screenshot on PC

PicPick menjadi aplikasi screenshot PC saat ini. Bagaimana tidak? Anda bisa menemukan berbagai macam mode yang ada di dalamnya, mulai dari Fixed Region, Scrolling Window, Window Control serta masih banyak lagi yang lainnya. Hal ini tentu akan membuat para pengguna PC merasa puas untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Bahkan, untuk memberikan kepuasan bagi para pengguna, aplikasi tersebut pun juga dilengkapi dengan beberapa aksesori seperti highlight, beberapa bentuk bangunan dan arrow. PicPick menyediakan 40 bahasa bagi para penggunanya dan menggunakan efek yang hampir mirip dengan Adobe Photoshop seperti Watermark, Blur, Frame, Pixelate, GrayScale dan yang lainnya.

Anda tidak hanya bisa menyimpan hasilnya di komputer saja, namun juga bisa dibagikan ke beberapa platform seperti Facebook, Skype, Twitter, email atau Anda bisa mengunggahnya ke Imgur. Menarik bukan? Apalagi, Anda juga bisa mem-print hasil screenshot tersebut.

3. ScreenPresso – Windows

aplikasi screenshot
credit: Trenprime

Sama seperti aplikasi screenshot PC sebelumnya, ScreenPresso ini merupakan aplikasi yang hanya dapat digunakan untuk para pengguna Windows saja. Meski demikian, kelebihan yang ada pada aplikasi tersebut pun tidak diragukan lagi. Bahkan, ScreenPresso menjadi aplikasi screenshot yang sangat direkomendasikan untuk Anda.

Tampilan dari ScreenPresso terdiri dari beberapa aksesoris yang bermanfaat seperti Numbering Tag, Bubble, Rectangle, Arrow dan berbagai macam simbol serta ikon populer. Masing-masing dari aksesoris tersebut juga memiliki gaya yang berbeda sehingga Anda bisa memilihnya sendiri.

Fitur tambahan pun disematkan ke dalamnya seperti Cut Out (untuk menghilangkan bagian tertentu), Canvas Size (mengatur ukuran foto) dan Crop Blur. Namun, fitur bluring yang ada di dalamnya tidak bisa diatur tingkat keburamannya.

Nah, ada yang unik dari ScreenPresso, dimana aplikasi tersebut bisa dipakai untuk merekam video. Bahkan, Anda bisa menyimpan video hasil rekaman dengan format GIF atau MP4. Agar lebih menarik, tambahkan pula judul (title) dan juga deskripsi pada foto.

4. Nimbus Capture – Windows & Mac

screenshot untuk pc
credit: Alternative To

Masih belum puas dengan beberapa aplikasi yang sudah tersaji di atas? Nah, mungkin Anda bisa mencoba aplikasi Nimbus Capture yang bisa digunakan di Windows dan juga Mac. Tampilannya yang modern membuat Anda lebih tidak pusing dengan berbagai aksesoris yang ada.

Beberapa aksesoris yang ada di aplikasi tersebut ialah Numbered Tag untuk memberikan nomor pada bagian tertentu di foto, Ellipse, Rectangle, dan Arrow. Agar lebih menarik, Nimbus Capture juga dilengkapi dengan fitur cropping dan bluring.

Walaupun hanya memiliki dua mode penyeleksi yakni Fragment dan Full Screen, Anda masih bisa menentukan ukuran penyeleksian sendiri melalui fitur Custom Size.

Tentu saja, kelebihan yang terdapat pada aplikasi screenshot PC satu ini tidak berhenti sampai disitu saja. Anda pun bisa memanfaatkan fitur Video Record yang dapat digunakan untuk merekam aktivitas layar komputer. Meski hampir mirip seperti Bandicam, akan tetapi aplikasi ini bisa Anda nikmati secara gratis.

Tersedia beberapa opsi penyimpanan seperti menyimpan hasil screenshot atau record Anda pada komputer maupun server pribadi miliki Nimbus sendiri. Menariknya lagi, Anda bisa mem-print hasil screenshot yang Anda tangkap.

5. ShareX – Window

aplikasi sharex untuk screenshot layr pc
credit: Sharex

ShareX merupakan aplikasi screenshot PC yang hanya bisa dijalankan pada Windows saja. Meski dari segi penampilan aplikasi ShareX terlihat kuno dan ketinggalan zaman, akan tetapi segi fungsionalitas yang dimilikinya tak perlu diragukan  lagi. Bahkan, segi fungsionalitas dari ShareX ini bisa diadu dengan beberapa aplikasi screenshot terbaik lainnya.

Berbeda dengan beberapa aplikasi pada umumnya, ShareX menyediakan 13 mode dalam penyeleksiannya. Bahkan, semua mode tersebut dibungkus menjadi satu sehingga mudah untuk dicari. Seakan tak mau kalah dengan aplikasi screenshot terkini, ShareX juga dapat melakukan perekaman video dengan format MP4 ataupun GIF.

Keunikan yang ada di aplikasi screenshot satu ini pun tak sampai disitu. Anda bisa memanfaatkan mode Text Capture yang berfungsi untuk menangkap gambar teks lalu mengonversinya menjadi teks yang bisa Anda salin. Opsi Show Cursor bisa dipakai agar kursor tidak hilang pada saat melakukan screenshot.

Anda pun bisa mengunggah hasil screenshot tersebut ke Imgur. Menariknya lagi, Anda bisa membuat QR Code dari hasil screenshot yang telah Anda buat. Hal menarik lainnya ialah Sharex adalah pada bagian panel editor. Anda bisa menambahkan teks, Tag Numbering, beberapa bangun ruang, Arrow, color picker dan lain sebagainya.

Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, bisa dikatakan bahwa ShareX menjadi aplikasi screenshot PC dengan program terlengkap saat ini. Bahkan, ukuran yang dimilikinya pun sangat ringan, yakni kurang dari 15 MB.

Baca Juga: 5 Aplikasi Edit Video Terbaik yang Mudah Penggunaannya

6. Snipping Tools – Windows

aplikasi download screenshot
credit: TechGuruHere

Snipping Tools merupakan salah satu aplikasi screenshot populer yang banyak digunakan. Cukup berbeda dengan beberapa aplikasi kekinian lainnya. Snipping Tools memiliki tampilan yang tampak ketinggalan zaman. Namun siapa sangka jika aplikasi satu ini dapat diandalkan.

Apalagi, untuk menggunakannya Anda tak perlu mendownloadnya karena Snipping Tools sudah tersedia secara otomatis di Windows 7, 8 dan 10.

Pengguna yang ingin melakukan screenshot dengan menggunakan program tersebut pun hanya membutuhkan 3 langkah sederhana. Yakni klik opsi New, pilih lokasi area yang ingin Anda tangkap, terakhir klik Save.

Akan tetapi, Snipping Tools juga memiliki kekurangan seperti tidak adanya tombol Hotkey (tombol pada keyboard yang digunakan untuk melakukan screenshot).

Sehingga Anda tidak bisa melakukan screenshot dengan cara yang cepat. Sebenarnya bisa Anda lakukan, namun sedikit merepotkan karena pengaturannya harus diubah terlebih dahulu.

Kekurangan berikutnya ialah fitur yang dimiliki sangatlah terbatas. Aksesoris yang dimilikinya pun hanya ada garis sederhana dan juga highlight. Anda pun tidak bisa memberikan efek bluring, tidak bisa menambahkan teks dan tidak bisa melakukan cropping.

Kesimpulannya, Snipping Tools menjadi aplikasi screenshot yang cocok untuk Anda yang ingin aplikasi seadanya. Atau, jika Anda malas untuk mendownload aplikasi screenshot PC pihak ketiga dari internet, maka aplikasi satu ini pilihannya.

7. Lightshot – Windows & Mac

aplikasi untuk mengcapture gambar
credit: Lightshot

Ingin aplikasi screenshot yang bisa digunakan pada Windows dan Mac? Seiring perkembangan teknologi juga membuat aplikasi screenshot hadir dengan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Dari sekian banyak aplikasi yang ada, Lightshot tampaknya menjadi aplikasi yang patut untuk Anda gunakan.

Pasalnya, Lightshot digadang-gadang sebagai aplikasi screenshot dengan program paling ringan dan paling sederhana di dunia. Meski ukurannya kurang dari 5 MB, namun Anda bisa sudah bisa melakukan screen capture dengan mode Region. Menarik bukan?

Apakah kelebihan pada Lightshot hanya sebatas itu saja? Tentu tidak, untuk bisa melakukan capture, Anda hanya tinggal menekan tombol PrtSc atau lewat System Tray. Tentunya, cara tersebut sangat tepat jika ingin menangkap layar dengan cara yang lebih cepat dan praktis.

Berbagai macam aksesoris pun tersedia seperti Arrow, Teks dan Frame. Karena merupakan aplikasi teringan, aksesoris yang dimilikinya pun hanya terdiri dari tiga item saja. Nah, setelah Anda selesai melakukan pengeditan, maka Anda bisa menyimpannya ke komputer atau mengunggahnya di server Lightshot.

8. Jing – Windows & Mac

aplikasi screenshot di laptop
credit: Youtube

aplikasi screenshot PC terbaik berikutnya adala Jing. Aplikasi yang bisa digunakan oleh para pengguna Windows dan Mac tersebut sangat direkomendasikan untuk membuat tutorial melalui screenshot yang ditangkap. Program yang dimilikinya pun sangat simple. Jadi, bagi Anda yang tidak ingin ribet, maka aplikasi satu ini cocok untuk digunakan.

Bahkan, mode capture yang ada pada Jing hanya ada satu yakni Region. Kendati demikian, mode capture tersebut ternyata bisa meng-capture foto hingga video dengan baik.

Berbeda dengan beberapa aplikasi screenshot lainnya, Jing memiliki tampilan yang cukup unik, dimana terdapat bubble yang berwarna orange dan berada di sisi kanan komputer.

Lalu, apa kegunaan dari fitur tersebut? Bubble yang berada di sisi kanan ini bisa Anda pakai untuk mengambil pada layar komputer dengan cepat. Tak hanya itu, bahkan fitur tersebut juga dapat mengakses menu Settings dan History tanpa butuh waktu lama.

Nah, jika Anda telah selesai melakukan seleksi, maka Anda akan disuguhkan dengan panel editor yang memiliki tampilan sederhana. Pada panel tersebut Anda bisa menambahkan fram, Arrow ataupun teks. Menarik bukan?

Apabila semua proses sudah selesai dilakukan, maka Anda dapat langsung menyimpannya ke dalam komputer atau mengunggah tangkapan tersebut ke Screencast.

9. TinyTake – Windows & Mac

aplikasi untuk melakukan screenshot layar di laptop
credit: stcrack

Saat ini, sudah ada banyak aplikasi screenshot PC yang dapat digunakan oleh para pengguna Windows ataupun Mac. Apalagi, beberapa aplikasi tersebut juga sudah dibekali dengan beragam fitur dan aksesoris sehingga membuatnya memiliki program yang apik dan sangat direkomendasikan untuk Anda gunakan.

Nah, salah satu aplikasi screenshot yang terpercaya dan banyak digunakan ialah TinyTake. Selain bisa digunakan pada Windows dan Mac, aplikasi tersebut juga dilengkapi dengan beragam fitur yang membuatnya memiliki fungsi lebih.

Kebanyakan aplikasi screenshot hanya bisa untuk melakukan capture pada foto saja. Akan tetapi, hal tersebut berbeda dengan TinyTake yang juga dapat digunakan untuk meng-capture video. Sangat menarik bukan?

Aplikasi TinyTake ini juga bisa berfungsi layaknya webcam yang mana dapat Anda gunakan untuk meng-capture wajah saat berada di depan layar PC.

Fitur dari program terbaik ini tergolong standar, yakni terdiri dari Teks, Ellipse, Rectangle, Line, Arrow, Bluring dan Croping. Kelemahan yang dimiliki TinyTake adalah aksesori Text yang dimilikinya masih meninggalkan frame berwarna putih yang tidak bisa untuk dihilangkan.

Kelemahan lainnya ialah, saat ingin menggunakan TinyTake Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran yang harus dilakukan bahkan butuh waktu yang lama dan cukup ribet.

Akan tetapi, keunggulan yang dimilikinya ialah, Anda bisa menyimpan hasil capture ke komputer atau mengunggahnya ke server pribadi TinyTake. Anda tidak hanya akan diberikan tautan untuk berbagi, akan tetapi ada pula embed code yang bisa ditempel pada blog Anda.

10. Aplikasi Screenshot PC Greenshot – Windows

jenis aplikasi untuk memfoto layar
credit: Whaleshares

Terakhir ada Greenshot yang hanya bisa digunakan oleh para pengguna Windows. Aplikasi yang tidak menyediakan interface ini cocok digunakan untuk melakukan edit dengan cara sederhana.

Nah, untuk melakukan capture Anda hanya tinggal menekan tombol Hotkey yang telah tersedia melalui System Tray. Hanya ada empat mode capture yang bisa digunakan, yakni Region, Last Region, Window dan Full Screen.

Setelah Anda selesai melakukan seleksi, maka selanjutnya akan diberikan pilihan mau diapakan hasil seleksi tersebut. Pengguna pun bisa langsung menyimpannya ke komputer ataupun diedit terlebih dahulu lewat Paint atau panel editor yang sudah disediakan oleh Greenshot.

Namun, tampilan yang ada pada panel editor terlihat kuno dan hanya menambahkan beberapa bangun ruang, arrow, teks serta bubble.

Selain itu, fitur blurring yang dimilikinya tidak bisa diandalkan karena bagian yang di-blur masih terlihat dengan jelas. Aplikasi tersebut juga tidak memiliki fitur cropping  di dalamnya. Bahkan, berbagai macam efek yang tersemat di dalamnya masih terkesan jadul.

Beberapa aplikasi screenshot PC di atas tentunya memiliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri. Nah, jika Anda bingung memilih yang terbaik, maka tentukan terlebih dahulu tujuan Anda menggunakan aplikasi screenshot. Dengan demikian, Anda bisa memilih salah satu aplikasi yang tepat untuk digunakan.

Kesepuluh aplikasi screenshoot di atas pastinya memiliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri. Ini karena fitur yang menunjang setiap aplikasi tentu berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Leave a Comment