Cara Mendapatkan Uang dari Facebook, Mudah dan Anti Ribet

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook – Siapa sih yang tidak tahu Facebook? Mendengar namanya saja tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan media sosial yang satu ini.

Facebook merupakan media sosial yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia, bahkan hingga ke pelosok sekalipun. Namun tahukah jika Anda juga bisa menghasilkan banyak uang dari media sosial yang satu ini?

Bahkan mungkin sudah ada banyak sekali yang tabu jika Facebook dapat dijadikan alat untuk menghasilkan uang. Mulai dari jutaan hingga ratusan juta. Topik mengenai cara mendapatkan uang dari Facebook memang sedang ramai dibicarakan. Lantas sebenarnya bagaimana sih cara menghasilkan uang dari media sosial yang satu ini?

Media sosial yang satu ini bisa Anda manfaatkan untuk menjual barang atau jasa kepada para pengguna Facebook. Bahkan uniknya Facebook juga sudah memiliki layanan pengiklanan seperti Google Ads yakni Facebook Ad Break yang akan muncul di awal atau tengah-tengah video sehingga dinamakan jeda iklan.

Cara Mendapatkan Uang Dari Facebook Paling Mudah

cara mendapatkan uang dari facebook
credit: Cyber News

Nah kini sudah saatnya Anda mengubah akun Facebook pribadi Anda menjadi salah satu sumber penghasilan. Namun Anda bingung bagaimana caranya? Nah berikut merupakan beberapa cara mudah mendapatkan uang dari Facebook;

1. Membuka Toko Online

cara membuat onlineshop di Facebook
credit: Youtube

Cara mendapat uang dari Facebook paling mudah adalah dengan membuka toko online. Tak perlu memiliki barang sendiri, Anda bisa bekerja sama dengan orang lain dengan menjadi reseller atau dropship. Cara ini mampu mengurangi risiko kerugian dan tidak membutuhkan modal yang banyak. Cukup lakukan promosi melalui akun Facebook pribadi atau fans page.

2. Berjualan Jasa

cara mendapatkan uang dengan menawarkan jasa
credit Vparagon

Selain berjualan online, menjual skill yang Anda miliki juga merupakan salah satu cara mendapat uang dari Facebook lainnya yang bisa Anda lakukan. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, bergabunglah di berbagai grup dengan follower yang sesuai dengan jasa yang hendak Kamu tawarkan.

Bergabunglah di Grup dengan anggota yang  Facebook agar mudah diketahui dan ditemukan orang lain. Misalnya jasa desain grafis, jasa penulisan artikel, dan lain sebagainya.

3. Jasa Menambah Likes

jasa like di facebook untuk menghasilkan uang
credit: Marketing Land

Hingga saat ini likes masih menjadi indikator sebuah fans page dapat dipercaya atau tidak. Semakin banyak likes maka kepercayaan pengguna terhadap fans page tersebut akan meningkat. Tak mengherankan jika sekarang banyak orang yang membuka jasa likers fans page. Namun hal ini membutuhkan keahlian dan tools yang mumpuni.

4. Jasa Pemasangan Iklan

menghasilkan uang dengan memanfaatkan jasa iklan di facebook
credit Elang Digital Media

Facebook Adas kini menjadi salah satu media iklan yang cukup menjanjikan setela Google Ads. Namun sayangnya tak semua orang bisa beriklan di Facebook. Tak hanya itu setting iklan Facebook juga tidaklah mudah. Penting untuk melakukan riset dan split tes untuk mendapat hasil maksimal. Jadi pastikan Anda sudah memiliki keahlian tersebut.

Terlebih lagi sekarang ini layanan Facebook menjadi salah satu media yang sering dipilih untuk memasarkan produk sesuai dengan target pasar yang diinginkan. Anggaran pemasarannya sendiri juga bisa disesuaikan dengan jangkauan dan masa tayang yang diinginkan. Dengan begitu maka hal ini akan mempermudah manajemen pemasaran.

5. Jasa Pengelolaan Fans Page

Fanspage untuk menghasilkan uang
credit Digital Station

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika pemasaran dan branding di media sosial harus dilakukan dengan baik. Mengapa? Sebab pengelolaan fans page tidak boleh dilakukan dengan sembarangan.

Perlu ada seorang admin yang bertugas mengelola fans page tersebut. Mulai dari mengelola komentar, membuat konten, menawarkan produk, dan sebagainya.

Meski jika dilihat secara sekilas pekerjaan sebagai seorang admin sangat mudah. Namun sebenarnya menjadi seorang admin fans pagi juga harus memiliki keahlian dalam bidang komunikasi dan pemasaran. Cara mendapat uang dari Facebook selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka jasa pengelolaan fana pagi.

6. Menjadi Buzzer

memperkerjakan buzzer
credit: Dream

Jangan pernah langsung memberikan stigma negatif dengan kata buzzer. Sebenarnya buser merupakan salah satu cara mendapat yang dari Facebook dengan cepat. Pada dasarnya buzzer bekerja dengan cara menggunakan lebih dari satu akun media sosial sekaligus untuk menjadikan trending.

Dengan begitu maka kampanye buzzer dapat diketahui oleh banyak orang. Tak hanya berfokus pada politik saja, namun buzzer juga bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa kepada semua pengguna Facebook yang dimiliki.

7. Menjadi Influencer

Cara mendapat uang dari Facebook selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan  menjadi influencer. Kebanyakan orang sering tidak bisa membedakan antara influencer dan buzzer. Influencer sendiri berasal dari kata influence yang bermakna mempengaruhi. Terutama untuk pengikut dan pertemanan yang dimiliki.

jika dilihat dari jumlah pengikut dan pertemanannya, influencer cenderung memiliki jumlah yang lebih banyak dibandingkan dengan buzzer. Influencer bertugas untuk memberikan pengaruh sehingga terjadi tindakan yang diinginkan dan diharapkan seperti pembelian sebuah produk tertentu.

Meski sekilas menjadi seorang influencer terkesan mudah, namun ternyata hal ini tak semudah yang dibayangkan. Untuk menjadi seorang influencer, Anda harus membangun branding yang kuat terlebih agar dapat dikenal semua orang.

8. Affiliate Marketing

affiliate Marketing
credit Arwing

Selian beberapa hal di atas, cara mendapat uang dari Facebook selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjadi affiliate marketing. Namun hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah mendaftar terlebih dahulu pada affiliate network. Mulai dari Lazada, Tokopedia, Bukalapak, JD.id, dan lain sebagainya.

Sedangkan cara untuk mempromosikan link affiliate yang dimiliki terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu me-posting pada akun Facebook pribadi Anda atau menyebarkannya melalui grup-grup Facebook yang sudah memiliki banyak pengikut.

Cara Mendapat Uang dari Facebook dari Monetisasi Fans Page

monetisasi fanspage
credit: The Verge

Sebenarnya ada banyak sekali cara mendapat uang dari Facebook yang bisa Anda lakukan. Selain beberapa hal di atas, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengunggah video ke fans page. Caranya memang terbilang mudah, namun butuh perjuangan agar fans page Anda dapat menghasilkan uang. Uang yang didapat berasal dari jeda iklan atau Ad Breaks.

Pada dasarnya cara mendapat uang dari Facebook melalui akun fans page hampir sama dengan Youtube. Cara kerjanya juga hampir sama yakni dengan mengunggah video. Meski demikian Anda harus memenuhi beberapa syarat dalam menampilkan  Ad Breaks. Nah berikut merupakan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

  1. Akun fans page memiliki jumlah pengikut minimal 10.000 orang
  2. Dalam jangka waktu 60 hari harus memiliki video berdurasi 3 menit dengan jumlah tayangan 30.000 tayangan selama kurun waktu 1 menit
  3. Memenuhi standar kelayakan monetisasi
  4. Negara mendukung layanan Facebook Ad Breaks .

Indonesia sendiri sudah menjadi salah satu negara yang mendukung layanan Facebook Ad Breaks. Layanan ini sudah ada di Indonesia sejak akhir tahun 2018 lalu yang dapat dijadikan cara mendapat uang dari Facebook yang terbilang cukup menjanjikan selain Youtube. Cara kerjanya juga cukup mudah, yakni hanya dengan mengunggah video.

Syarat Monetisasi pada Fanspage Facebook

sayrat penggunaan fanspage di facebook
credit Brand Knew Mag

Meski demikian agar bisa mengikuti program ini, akun fans page harus memiliki jumlah pengikut minimal 10.000 orang. Membangun akun fans page yang besar tentu butuh perjuangan. Terlebih lagi untuk mencapai target pengikut 10.000 orang.

Jadi hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah rajin mengunggah video sekaligus membagikan konten-konten yang bermanfaat agar jumlah pengikut semakin bertambah banyak. Tak hanya itu saja, Anda juga harus mengunggah video berdurasi 3 menit agar nanti bisa menanyakan iklan.

Pasalnya video dengan durasi kurang dari 3 menit tidak memenuhi standar Facebook Ad Breaks dan tidak bisa menampilkan jeda iklan. Jadi wajib bagi Anda untuk mengunggah video dengan durasi minimal 3 menit.

Tak hanya itu saja, selama jangka waktu 60 hari juga harus ada video yang memiliki jumlah tayangan mencapai 30.000 dalam durasi 1 menit penayangan.

Jika semua syarat tersebut sudah terpenuhi maka Anda berkesempatan untuk mengikuti program Facebook Ad Breaks yang bisa dijadikan sebagai cara mendapat uang dari Facebook. Jadi pastikan untuk selalu mengunggah video yang menarik agar bisa menjadi viral dan jumlah penayangannya semakin banyak.

Apabila ada salah satu video Anda yang viral dan sudah ditonton hingga jutaan orang, maka jumlah pengikut fans page Anda juga akan terus bertambah.

Meski demikian pastikan untuk selalu mengunggah video buatan sendiri agar tidak melanggar hak cipta. Selain itu, jangan pernah mengunggah video bergenre abu-abu yang tidak jelas kebenarannya.

Mendapatkan Uang dari Facebook Melalui Monetisasi Fans Page

mendapatkan uang dari facebook
credit: Opinion Stage

Ya sudah dapat dipastikan jika cara mendapat uang dari Facebook melalui monetisasi fans page memang tak semudah yang dibayangkan. Selain harus memenuhi beberapa syarat di atas, berikut merupakan beberapa langkah yang harus kamu lakukan agar bisa mendapat uang dari Facebook;

1. Melihat Status Kelayakan

Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah video yang Anda buat harus memenuhi status kelayakan yang sudah disebutkan di atas. Pada halaman pemeriksaan akan terlihat progres fans page yang Anda miliki sudah memenuhi syarat yang ditentukan atau belum. Jika sudah akan tertera tulisan “TELAH TERDAFTAR JEDA IKLAN”.

2. Masuk ke Creator Studio

Selain itu, cara mendapat uang dari Facebook melalui monetisasi fans page adalah dengan masuk ke Facebook Creator Studio. Penting juga bagi Anda untuk mengecek kelayakan fans page melalui halaman Creator Studio.

Untuk masuk ke halaman tersebut Anda hanya perlu pergi ke menu Alat Penerbitan dan pilih opsi Creator Studio. Setelah masuk ke halaman tersebut, pilihlah menu monetisasi yang tersedia dalam 3 pilihan yakni Pengaturan Pembayaran, Kelayakan, dan Jeda Iklan.

3. Melihat Status Monetisasi Video

Biasanya pada menu jeda iklan dapat terlihat video mana saja yang sudah di-monetisasi, apakah video tersebut disetujui atau tidak. Jika video tersebut telah berhasil di-monetisasi, maka akan terlihat tanda dollar berwarna hijau yang disertai dengan perkiraan total pendapatan yang akan Anda dapatkan.

Pada umumnya proses peninjauan video agar bisa menampilkan iklan akan berlangsung sangat lama. Jadi harus tetap bersabar ya. Jika Anda ingin melihat status kelayakan dari video tersebut, cukup pilih menu Kelayakan.

4. Cara Upload Video Ad Breaks

Selian beberapa hal di atas, cara mendapat uang dari Facebook yang harus Anda perhatikan adalah mengetahui bagaimana cara memasang iklan di video Facebook. Terlebih lagi tidak semua video yang Anda unggah bisa mendapatkan uang dari Facebook. Semua video harus ditinjau terlebih dahulu, apakah sudah layak atau belum.

Sedangkan untuk mengunggahnya, Anda hanya perlu masuk ke halaman utama fans page atau masuk ke menu Content Creator. Agar video tersebut dapat menampilkan iklan, Anda perlu mengaktifkan Ad Breaks dengan cara pilih menu “Ad Breaks” pada video yang sudah diunggah dan klik “ON”.

5. Setting Pembayaran Facebook Ad Breaks

Agar uang dapat masuk ke dalam rekening Anda, maka penting bagi Anda untuk mengatur metode pembayaran terlebih dahulu. Setidaknya ada 2 metode pembayaran yang bisa Anda pilih yakni transfer antar bank dan PayPal.

Namun metode pembayaran transfer antar bank cenderung lebih direkomendasikan karena penarikannya cenderung lebih mudah. Untuk mengatur metode pembayaran yang dipilih, Anda perlu masuk ke menu Creator Video kemudian pilih Monetisasi dan klik Pengaturan Pembayaran.

Anda bebas memilih metode pembayaran diinginkan. Jika memilih transfer antar bank, nantinya Anda diharuskan untuk mengisi nomor rekening, nomor routing, dan nama pemegang rekening. Kemudian pilih “Tautkan Bank”.

Namun jika Anda ingin memilih metode pembayaran Paypal. Beberapa informasi yang perlu dimasukkan antara lain seperti E-mail, negara asal, serta nama depan dan nama belakang pemilik akun Paypal.

Sebelum mengatur metode pembayaran, penting bagi Anda untuk memasukkan nomor NPWP. Namun jika belum memilikinya tak perlu merasa khawatir sebab bisa diganti dengan nomor KTP. Cara mendapatkan uang dari Facebook dapat dikatakan mudah, sebab Anda hanya perlu mengunggah video yang sudah memenuhi standar kelayakan.

6. Waktu Pembayaran Facebook Ad Breaks

Waktu pembayaran layanan Facebook Ad Breaks yang sudah memenuhi standar kelayakan dari Facebook setiap tanggal 19 hingga 22. Anda akan menerima pembayaran sekitar $100 atau sekitar Rp1,3 juta. Uang pembayaran tersebut akan dikirim via transfer bank atau paypal sesuai dengan metode pembayaran yang sudah Anda pilih.

Jika pendapatan belum mencapai angka $100, maka pendapatan akan diakumulasikan hingga mencapai $100. Perlu diingat tak ada tanggal pasti kapan Facebook akan membayar.

Namun pada umumnya Facebook akan membayar sekitar tanggal 19, 20, 21, dan 22 setiap bulannya. Anda juga bisa melihat riwayat pembayaran pada menu Creator Studio.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Akun Facebook

7. Meningkatkan Performa Video di Facebook

menghasilkan uang dari facebook video
credit: Randa Saputra

Ya Facebook memang merupakan salah satu media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Namun cara mendapat uang dari Facebook melalui monetisasi fans page tidaklah mudah. Nah agar hal tersebut dapat tercapai, berikut merupakan beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  1. Mengunggah video yang berpotensi viral agar penontonnya semakin banyak dan jumlah pengikut fans page semakin bertambah
  2. Bagikan video yang diunggah pada fans page ke berbagai grup Facebook yang memiliki jumlah anggota ratusan ribu. Poin ini penting untuk dilakukan agar video yang Anda unggah bisa semakin viral
  3. Jangan pernah mengunggah berbagai video negatif sebisa mungkin unggah video buatan sendiri
  4. Pada dasarnya Anda juga bisa reupload video dari Youtube, hanya saja tetap perlu berhati-hati agar tidak melanggar hak cipta
  5. Jangan pernah membuat video yang mengandung musik dan film terkenal. Sebab hal ini akan melanggar hak cipta.

Hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah selalu memenuhi standar kelayakan yang diterapkan oleh Facebook agar tidak dicabut status kelayakannya. Terlebih lagi dapat dipastikan jika peraturan terkait layanan Facebook Ad Breaks nantinya akan semakin diperketat guna menjaga kualitas konten yang diunggah pada media sosial tersebut.

Nah itu dia beberapa tips dan cara mendapat uang dari Facebook yang bisa Anda lakukan untuk menambah penghasilan. Pada dasarnya beberapa cara di atas bisa Anda lakukan baik tanpa dan dengan modal. Jadi jenis usaha mana nih yang ingin Anda coba kali ini?

Leave a Comment