3 Cara Menonaktifkan WA Sementara & Permanen dengan Mudah

3 min read

Tidak bisa dipungkiri memang bahwa WA kini menjadi platform komunikasi terkenal yang paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Sejak keberhasilannya menggulingkan Blackberry Messenger beberapa waktu yang lalu, pengguna WA berkembang sangat banyak.

Terlebih, WA memberikan beragam fitur yang membuat chatting dengan kerabat dan teman menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Namun, ada beberapa kondisi di mana seseorang merasa jenuh dan ingin sejenak menyepi. Ia tidak ingin menerima pesan melalui WA. Misalnya saja, ketika seseorang sedang sibuk atau merasa tidak enak dengan hatinya. Nah, jika Anda pernah merasa demikian, maka menonaktifkan WA sementara waktu bisa menjadi opsi.

Lalu, bagaimana cara menonaktifkan WA sementara tersebut?

Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa cara untuk menonaktifkan WA sementara waktu. Dengan cara yang akan dijelaskan di bawah ini, tentu Anda bisa merasa bebas sementara dari pesan-pesan yang memang ingin Anda hindari.

Cara Menonaktifkan WA Sementara di Android Tanpa Aplikasi

credit: Whats App

Jika Anda merupakan pengguna Android, maka Anda bisa menonaktifkan WA sementara tanpa menggunakan aplikasi. Ini adalah salah satu cara yang cukup mudah dan tentu saja simple. Dalam hal ini, ada opsi force stop yang terdapat di smartphone Android hampir semua merek yang bisa diandalkan.

Adapun cara menonaktifkan WA sementara untuk smartphone Android tanpa menggunakan aplikasi adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan yang ada pada smartphone Anda. Jika sudah, pilih opsi pengaturan aplikasi pada salah satu menu yang tersedia
  • Nah, setelah itu, cari dan pilih aplikasi WhatsApp yang tersedia
  • Kemudian, Anda hanya tinggal memilih force stop atau hentikan paksa. Setelah menekan opsi tersebut, maka akan ada pertanyaan apakah Anda ingin menghentikan aplikasi tersebut secara paksa. Jika ya, maka pilih opsi OK.

Nah, salah satu cara untuk menonaktifkan WA di atas bisa dikatakan sangat mudah. Anda tidak perlu langkah khusus untuk terbebas dari pesan yang tidak Anda inginkan. Dengan cara di atas, aplikasi WA Anda akan mati nonaktif sementara waktu dan untuk mengaktifkannya kembali, Anda hanya perlu membukanya ulang.

Cara Menonaktifkan WA di Android Dengan Aplikasi

credit: BorobudurNews

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan WA sementara di Android adalah dengan menggunakan aplikasi. Ini adalah cara menonaktifkan WA yang juga cukup mudah. Nah, untuk aplikasi yang digunakan, Anda bisa menggunakan aplikasi hibernator.

Aplikasi hibernator adalah salah satu aplikasi yang bisa diandalkan untuk menonaktifkan WA sementara. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga cukup bermanfaat untuk menghemat penggunaan baterai pada smartphone.

Nah, untuk menonaktifkan WA di Android dengan cara ini, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, seperti:

  • Instal terlebih dahulu aplikasi hibernator yang tersedia di Google Play, sebagai contoh, Anda bisa menggunakan aplikasi Hibernator – Hibernate Apps & Save Battery
  • Jika sudah berhasil diinstal dengan baik, jalankan aplikasi tersebut
  • Kemudian, scroll ke bawah hingga menemukan menu launched app
  • Selanjutnya, cari dan pilih aplikasi WhatsApp yang ingin Anda matikan sementara
  • Jika sudah menemukan aplikasi WhatsApp tersebut, tap pada tanda ZZZ yang berada pada bagian samping kanan aplikasi. Tunggu beberapa saat hingga nantinya aplikasi tersebut akan nonaktif secara otomatis
  • WhatsApp yang Anda miliki sudah berhasil nonaktif. Jika Anda nantinya ingin menghidupkan kembali aplikasi WhatsApp tersebut, maka buka aplikasi hibernator yang Anda install, temukan aplikasi WhatsApp lalu tekan tombol play yang tersedia di samping aplikasi WhatsApp
  • WhatsApp akan kembali berfungsi dengan baik seperti sedia kala.

Tentu, menonaktifkan WA sebagaimana di atas bisa dilakukan dengan mudah. Selain itu, sebagai tambahan, ada cukup banyak opsi aplikasi hibernator yang tersedia di Google Play. Nah, Anda bisa mencari aplikasi yang sesuai dengan keinginan Anda.

Saat hendak menggunakan aplikasi hibernator tersebut, pastikan jika memory smartphone Anda cukup sehingga aplikasi tidak akan membuat smartphone menjadi lambat. Juga, pastikan aplikasi yang Anda gunakan tersebut senantiasa up to date demi kelancaran penggunaan.

Cara menonaktifkan WA di iPhone

credit: Oketekno

Selain Android, menonaktifkan WA di iPhone juga bisa dilakukan dengan cukup mudah. Ya, Anda yang menggunakan iPhone untuk komunikasi setiap hari bisa menonaktifkan WA sementara tanpa menggunakan aplikasi tertentu.

Namun, perlu diketahui, cara menonaktifkan WA di iPhone cukup berbeda dengan apa yang dilakukan pada smartphone Android. Hal ini dikarenakan pada iPhone, Anda nantinya hanya akan menghilangkan notifikasi pada WhatsApp saja.

Lantas, bagaimana cara untuk menonaktifkan WA sementara pada iPhone? Simak beberapa ulasan dibawah ini;

  • Pertama, buka iPhone Anda dan masuk ke menu setting atau pengaturan
  • Jika sudah, maka gulir layar dan cari menu notifikasi atau pemberitahuan yang ada di bagian pengaturan tersebut
  • Nah, selanjutnya, pilih aplikasi WhatsApp pada deretan aplikasi yang ada di bagian pengaturan
  • Geser slide bar yang ada di bagian samping kanan opsi ‘allow notification’. Cara ini akan menghilangkan notifikasi yang masuk pada WhatsApp yang Anda gunakan
  • Klik home untuk menyelesaikan. Dengan cara ini, Anda tidak akan terganggu dengan pesan yang masuk ke nomor WhatsApp Anda sementara.

Bisa dilihat bahwa cara menonaktifkan WA pada iPhone juga bisa dilakukan dengan cukup mudah. Nah, jika Anda ingin menggunakan kembali WhatsApp tersebut, maka Anda hanya tinggal menghidupkan notifikasi WhatsApp pada menu pengaturan yang sama. Sangat mudah, bukan?

Tentu, beberapa cara di atas bisa dijadikan opsi untuk menonaktifkan WA sementara terutama untuk Anda yang memang ingin sejenak menghindar dari kerumunan dan pesan-pesan yang mengganggu. Namun, sebenarnya, ada cara lain yang juga bisa dilakukan untuk menonaktifkan WA sementara baik untuk Android ataupun iPhone.

Hapus Aplikasi

credit: Wikihow

Nah, cara lain yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan WA sementara tersebut adalah dengan menghapus instalasi aplikasi WhatsApp pada smartphone Anda. Ini adalah cara yang sangat simple dan tentu saja sangat efektif.

Dengan menghapus instalasi aplikasi WhatsApp, maka Anda tidak akan terganggu dengan pesan WhatsApp yang masuk. Selain itu, tidak ada pula godaan untuk membuka aplikasi WhatsApp di smartphone yang sedang nonaktif.

Lalu, apakah cara ini aman dan tidak akan menghapus akun WhatsApp?

Baca Juga: Cara Menghapus Akun Instagram

Jawabannya tentu saja aman dan akun WhatsApp Anda tidak akan terhapus karena yang hilang adalah aplikasinya bukan akun yang Anda miliki. Tentu, untuk mengembalikan WhatsApp dengan fungsinya seperti dulu, Anda hanya perlu melakukan instalasi WhatsApp kembali dan melakukan login dengan akun yang sudah Anda miliki.

Demikian beberapa ulasan tentang cara menonaktifkan WA sementara yang bisa Anda lakukan. Tentu, Anda bisa memilih mana cara yang menurut Anda paling mudah dan cocok.

Sebagai tambahan, ada baiknya jika Anda memberitahu rekan Anda jika akun WA Anda akan nonaktif sementara agar tidak timbul dugaan yang justru bisa merugikan Anda sendiri ke depan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *