Cara Print Bolak Balik Dokumen Word, Excel dan PDF dengan Mudah

Cara Print Bolak-balik – Bagi Anda yang sedang mengerjakan tugas sekolah, kuliah, kantor dan tugas-tugas lainnya pasti sangat membutuhkan jasa Microsoft Word kan? Jika sedang menghadapi banyaknya tugas semacam ini, pasti akan sangat banyak biaya yang harus dikeluarkan.

Terutama biaya dalam hal pencetakan atau print dokumen tersebut. Pada umumnya orang-orang akan lebih memilih mencetak dokumen mereka dengan cara print bolak balik. Cara ini memang terbukti dapat menghemat biaya pengeluaran loh.

Jadi, bagi Anda yang selama ini masih mencetak dokumen satu halaman satu kertas tampaknya perlu berpikir lebih efisien deh.

Sebab, jika satu kertas hanya digunakan untuk mencetak satu halaman saja ini termasuk kedalam pemborosan. Bayangkan jika Anda harus mencetak puluhan, ratusan bahkan ribuan halaman dengan cara ini maka tentu saja akan banyak kertas yang Anda butuhkan dan juga banyak biaya yang harus dikeluarkan.

Lain halnya jika Anda mencetak dokumen secara bolak balik, cara ini terbukti efektif untuk lebih berhemat. Anda bisa menghemat hingga setengahnya, contohnya jika Anda harus mencetak 200 halaman maka dengan print bolak balik Anda hanya akan menghabiskan 100 kertas saja. Selain menghemat kertas Anda juga akan menghemat uang Anda.

Lantas, apa sajakah yang dibutuhkan jika ingin mencetak dokumen bolak balik? Komponen terpenting yang wajib ada adalah printer yang sudah support duplex agar bisa dijalankan secara otomatis.

1. Apakah Printer Anda Support Print Bolak-balik ?

cara print bolak-balik
credit: Business Insider

Mengingat belum semua jenis printer support akan hal ini, oleh sebab itu ketika membeli printer sebaiknya pilihlah jenis printer yang memiliki fitur duplex.

Diantara beberapa merk yang ada, Anda bisa memilih Canon, Epson, HP, Brother ataupun Panasonic. Lalu bagaimanakah jika sudah terlanjur membeli printer dan ternyata belum memiliki fitur duplex? Tenang, karena Anda masih tetap bisa mencetak dokumen bolak balik meskipun printer Anda belum memiliki fitur yang satu ini.

Jika printer yang sudah memiliki fitur duplex bisa langsung digunakan begitu saja, berbeda dengan printer yang tidak memiliki fitur ini.

Anda harus terlebih dahulu melakukan settingan atau peraturan secara manual sebelum mencetak. Memang menjadi sedikit lebih repot karena Anda harus membolak-balikkan kertas serta menekan tombol print berulang kali.

2. Cara Cek Ketersediaan Fitur Print Bolak-balik Pada Printer Anda

cara melakukan print bolak-balik melalui laptop
credit: Youtube

Sementara, jika Anda masih kebingungan apakah printer Anda sudah support terhadap fitur ini atau belum, maka Anda bisa lakukan pengecekan. Caranya cukup mudah, berikut tips yang harus diperhatikan untuk mengeceknya:

  • Melalui Ms. Word

Untuk mengetahuinya Anda bisa membuka aplikasi Microsoft Word yang ada di perangkat Anda. Lalu, pilih menu Print dan carilah kotak yang menggambarkan pencetakan dua sisi, misalnya saja Double-Sided, 2-Sided ataupun Duplex. Sebelum mencetak dokumen, jangan lupa untuk selalu memeriksa preferensi ataupun pengaturan di bagian menu print.

  • Buku Panduan

Sebelum membahas cara print bolak balik, Anda harus mengecek ketersediaan fitur duplex dalam printer Anda dengan melihat langsung di buku panduan. Biasanya buku panduan akan menginformasikan berbagai hal yang terkait dengan produknya. Anda mungkin akan menemukan informasi apakah printer tersebut memiliki fitur duplex atau tidak.

  • Cek di Internet

Apabila dengan dua cara di atas belum menemukan titik terang, maka coba dengan cara yang satu ini yakni mencarinya di internet. Anda bisa mencarinya dengan menyebutkan merk serta spesifikasi printer yang Anda miliki. Buka saja Google dan tulis kata kunci yang mengindikasikan printer Anda.

Setelah mengetahui support dari printer Anda, kini Anda sudah bisa melakukan pencetakan dokumen secara bolak balik. Pencetakan ini bisa dilakukan secara manual maupun otomatis, artinya jika printer Anda terdapat fitur duplex maka cara yang Anda lakukan adalah cara otomatis.

3. Cara Print Bolak-balik

cara melakukan print pada kertas secara bolak-balik
credit: Adobe Support

Sebaliknya jika spesifikasi printer Anda belum memenuhi fitur duplex maka Anda harus mengeprint dengan cara manual.

Cara lengkapnya bisa Anda simak ulasan di bawah ini dengan seksama:

A. Cara Print Bolak Balik pada Microsoft Word Secara Otomatis

Untuk mengeprint file dokumen melalui Microsoft Word secara otomatis ini bisa dilakukan apabila printer Anda telah memiliki fitur duplex. Untuk caranya sendiri sangatlah mudah dan juga cepat sebab tidak harus mensetting yang rumit-rumit.

  1. Pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka menu word yang ada di Ms. Word. Biasanya menu tersebut berada di bagian sebelah kiri layar komputer atau laptop Anda.
  2. Selanjutnya Anda perlu klik menu pengaturan yang berada di bawah tulisan pages persis. Lalu Anda harus mengatur pengaturan yang ada menjadi “Print On Both Sides”. Pilihan tersebut akan muncul apabila printer yang digunakan sudah memiliki fitur duplex.
  3. Klik Print dan kini Anda hanya tinggal menunggu file Anda tercetak secara bolak balik.

B. Cara Print Bolak Balik pada Microsoft Word secara Manual

Cara kedua ini diperuntukkan bagi Anda yang printernya belum support terhadap fitur duplex. Caranya memang berbeda dengan jika Anda mengeprint otomatis, akan tetapi sebenarnya tidak begitu  sulit kok.

Hanya saja, perlu diingat ketika Anda mengeprint bolak balik secara manual jangan sampai Anda meninggalkan selama proses print berlangsung. Sebab Microsoft Word akan mengeprint halaman yang berada di sisi depan kertas.

Baru kemudian Anda harus membalik lembaran kertasnya agar halaman selanjutnya bisa tercetak di bagian balik kertas.

Jika dokumen yang Anda cetak berjumlah cukup banyak, jangan kaget jika Anda juga harus menghabiskan banyak waktu. Sebab dengan cara ini memang lebih banyak memakan waktu. Berikut cara print bolak balik manual yang harus Anda perhatikan:

  1. Buka file dengan format Word yang akan dicetak, selanjutnya pergilah ke kolom Print dan klik menu Manually Print on Both Sides. Lalu pilih kotak dialog Yes Flip Over.
  2. Scroll hingga ke bagian bawah dan pilih menu “Manual Duplex” serta simpan pengaturan tersebut.
  3. Jika Anda sudah mengklik menu tersebut, otomatis akan muncul penjelasan yang berisikan perintah mengisi ulang kertas yang sebelumnya sudah di cetak di sisi depannya. Anda harus memasukkan kembali kertas tersebut setelah ada perintah untuk meletakkan kertas tersebut.

C. Print Genap Ganjil

Selain cara manual di atas, masih ada cara manual lain yang biasa disebut dengan cara print genap ganjil. Cara yang satu ini sangat disarankan bagi Anda yang sedang menulis sebuah karya ilmiah, skripsi, jurnal dan dokumen lainnya.

Pasalnya dengan cara ini Anda juga bisa menambah halaman di bagian atas maupun bawahnya sehingga tentu akan sangat mempermudah. Yuk langsung saja perhatikan apa saja langkahnya:

  1. Buka file Word yang akan dicetak, kemudian pilih menu Print atau bisa juga menggunakan keyboard dengan menekan tombol CTRL+P
  2. Persis di bagian bawah menu pengaturan, klik menu Print All Pages
  3. Lalu klik menu yang ada di bawahnya lagi yakni menu Pages dan kemudian pilih Only Print Odd Pages
  4. Klik menu print dan jika semua Print Odd Pages sudah dicetak selanjutnya silahkan pindah ke menu Only Print Even Pages.
  5. Cara Print Bolak Balik Microsoft Excel

D. Cara Print Otomatis Bolak-balik di Microsoft Excel

Tidak hanya file format Microsoft Word saja yang bisa dicetak bolak balik, namun file dengan format excel pun bisa Anda cetak dengan fitur duplex maupun secara manual. Cara lebih lengkapnya akan dijelaskan pada langkah-langkah di bawah ini:

  1. Setelah membuka file yang akan dicetak, bukalah menu File yang ada pada menu bar bagian atas di sebelah kiri. Kemudian klik menu Print. Atau bisa juga langsung menggunakan keyboard dengan menekan tombol CTRL dan huruf P secara bersamaan.
  2. Setelah itu, pilih menu Printer List dan Anda bisa memilih printer jenis yang mana yang akan digunakan saat itu.
  3. Pada menu Setting pilihlah sub menu Print on Both Sides dan pilih menu Flip Sheets on Long Edge atau Print on Both Sides.
  4. Langkah terakhir adalah dengan menekan tombol Print yang muncul setelah Anda mengklik menu Setting Printer.

E. Cara Print Manual Bolak-balik di Microsoft Excel

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan hampir sama dengan saat mengeprint secara otomatis yakni dengan memilih menu File yang biasanya berada di bagian pojok kiri atas. Lalu pilih menu Print atau bisa dengan menekan tombol CTRL dan P secara bersama-sama.
  2. Setelah itu, Anda akan diminta memilih jenis printer yang sudah terhubung dan akan digunakan.
  3. Terlebih dahulu cetak halaman pertama dengan menuliskan angka 1 di bagian Pages box dan kemudian klik Print.
  4. Apabila halaman pertama telah berhasil dicetak, Anda harus membalikkan halaman ke yang masih kosong serta memasukkannya kembali ke dalam printer. Atur ulang bagian Pages box dan tuliskan angka 2 lalu print.
  5. Lakukan cara di atas secara berulang-ulang hingga semua halaman berhasil dicetak secara keseluruhan.

Caranya cukup mudah kan? Sama seperti saat mencetak dokumen dengan format Word. Hanya saja biasanya untuk Excel Anda harus benar-benar teliti dalam mengeblok halaman yang akan di print. Sehingga antara ukuran kertas dan halaman yang dicetak sesuai serta tidak ada tulisan maupun data yang terpotong.

F. Cara Print Bolak Balik PDF

Tidak selamanya dokumen yang akan dicetak memiliki format Word ataupun Excel. Kadang-kadang ada tugas yang mengharuskan Anda untuk mencetak berkas berformat PDF. Tidak mau kalah dengan dokumen yang ada pada Microsoft Word dan Microsoft Excel, dokumen dengan format PDF juga bisa dicetak secara bolak balik.

Untuk bisa print file PDF, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  1. Setelah membuka dokumen dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Reader atau sejenisnya. Lalu pilih menu File yang berada di menu bar yang terletak di sebelah kiri. Kemudian pilih menu Print.
  2. Setelah itu, akan muncul Booklet Subset yang harus Anda atur menjadi Both Sides. Caranya dengan memilih menu Booklet yang terdapat di kolong Page Sizing & Handling. Disitu Anda bisa mengubah Booklet subset menjadi Both Sides. Apabila semua pengaturan telah diisi dengan benar maka Anda tinggal menekan tombol Print yang tersedia.
  3. Kini Anda hanya tinggal menunggu dokumen dengan file PDF Anda tercetak secara bolak balik.

Langkah-langkah di atas berlaku bagi Anda yang menggunakan printer dengan fitur duplex di dalamnya. Lantas, apakah jika printer belum support terhadap duplex tetap bisa mencetak file PDF? Pertanyaan semacam ini kerap muncul dan mungkin inilah yang menjadi permasalahan dan menimbulkan kesulitan.

G. Cara Print Bolak-balik PDF

Jangan khawatir, pasalnya meskipun printer Anda belum menggunakan sistem duplex Anda tetap bisa mengeprint file PDF dengan format bolak balik. Adapun cara yang bisa dilakukan yakni sebagai berikut ini:

  1. Setelah membuka aplikasi PDF atau semacamnya, kemudian pilih menu File yang terdapat di pojok kiri atas. Lalu pilih menu Print, setelah itu akan muncul beberapa kolom yang harus Anda isi dan sesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.
  2. Pada menu bagian bawah Page atau bertuliskan menu Odd or Even Pages. Nah, disitu Anda harus memilih Odd Pages Only. Lalu klik Print yang berada di bagian bawah kotak.
  3. Setelah halaman tercetak, langkah selanjutnya sama dengan ketika mengeprint file Word secara manual yakni mencetak halaman selanjutnya yang belum tercetak. Anda juga harus mengatur ulang Setting yang ada di menu Print dan mengganti Odd Pages Only dengan Even Pages Only.
  4. Klik menu Print lagi dan sisa halaman akan tercetak di bagian balik berkas yang telah di print sebelumnya.

Selain cara-cara print bolak balik di atas, berikut akan dibagikan juga beberapa tips yang perlu Anda ketahui mulai dari sebelum, selama dan setelah pencetakan dengan fitur duplex atau bolak balik. Tips ini dimulai dari pemilihan printer yang telah dibekali dengan fitur duplex.

4. Tips Print Bolak-balik

cara  mudah printing bolak-balik
credit: Freepict

Sebab jika tidak, Anda bisa bayangkan sendiri berapa banyak waktu yang akan dihabiskan jika harus mencetak manual dan membolak balikkan kertas. Disini Anda akan diminta untuk melakukan dua kali kerja dan dua kali tahapan sehingga tenaga yang dikeluarkan juga tentunya lebih banyak.

Selain pertimbangan tersebut, penggunaan printer yang sudah support duplex juga sangat memudahkan karena sistemnya bisa berjalan secara otomatis.

Lain halnya jika masih manual, sebab selama proses pencetakan Anda tidak diperkenan untuk meninggalkan proses tersebut. Karena Anda harus membalikkan kertas yang halamannya masih kosong.

Selain mengecek fitur yang ada di printernya, Anda juga diminta untuk mengecek apakah PC Anda sudah mendukung untuk bisa terhubung dengan percetakan duplex atau belum.

Jika PC bisa dihubungkan dengan mesin fotokopi ataupun scanner, maka Anda bisa mengikuti langkah tersebut. Sebab kedua mesin tersebut juga sudah mendukung untuk percetakan duplex.

Pencetakan dokumen dengan format bolak balik ini juga sangat membantu dalam mengurangi banyaknya limbah kertas. Selain itu, Anda juga lebih menghemat pemakaian kertas. Dengan begitu, Anda juga turut mendukung mengurangi penggundulan hutan.

Seperti diketahui bersama bahwa bahan baku pembuatan kertas adalah kayu, jika Anda semakin banyak menggunakan kertas maka akan semakin banyak pula kayu yang harus dikorbankan. Maka lama kelamaan bukan tidak mungkin hutan di Indonesia akan semakin gundul dan rusak karena terlalu sering di tebangi namun jarang ditanami kembali.

Nah, dengan cara print bolak balik ini Anda sudah turut mendukung pelestarian hutan Indonesia. Di sisi lain, dengan melakukan cara ini dokumen yang Anda cetak bisa terjilid lebih rapi dan terbukti lebih efektif.

Itulah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti jika ingin mencetak dokumen dalam format Microsoft Word. Excel bahkan PDF secara bolak balik. Baik secara otomatis maupun pencetakan manual dikarenakan jenis print yang digunakan ada yang sudah support terhadap fitur ini dan ada pula yang belum.

Semoga penjelasan di atas dapat dimengerti dan bisa membantu mempermudah Anda. Selamat mencoba semoga berhasil!

Leave a Comment