Cara Mengetik 10 Jari + Video Tutorial Gampang Banget

Mengetik 10 jari adalah cara mengetik di mana semua jari Anda difungsikan semua secara maksimal agar pengetikan berjalan dengan lebih cepat dan efektif.

Cara mengetik menggunakan apa yang sedang anda inginkan karena pengetikan menjadi lebih cepat dan juga mudah. Sehingga hasil ketikan lebih baik.

Bahkan Anda tidak perlu lagi mengetik dengan melihat pada keyboard karena jari Anda sudah mengetahui tugasnya masing-masing di dalam proses pengetikan.

Namun ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan bagaimana cara mengetik 10 jari dengan tepat agar pekerjaan kamu bisa segera terselesaikan.

Berikut ini cara mengetik menggunakan 10 jari yang bisa kamu lakukan:

Metode belajar mengetik menggunakan 10 jari ini apabila Anda pelajari secara sungguh-sungguh, tidak memerlukan waktu yang lama.

Dengan waktu di bawah 10 jam, Anda akan mampu menguasai cara mengatik menggunakan 10 jari dengan benar.

Hal pertama yang menjadi sasaran kita adalah bagaimana kita harus bisa mengetik setiap menitnya agar mendapatkan 15 kata.

Dan hasil yang signifikan akan Anda rasakan, dimana tingkat salah ketik atau typo Anda akan menurun hingga 99%.

Tak hanya menjadikan Kamu lebih produktif, ternyata dengan kerja tangan dalam mengetik lebih cepat, ikut andil meningkatkan kinerja otak .

Nah, oleh karena itu, ini dia, cara mengetik menggunakan 10 jari agar mengetik lebih cepat & efektif:

1. Posisikan Jari & Tangan dengan Benar

cara mengetik cepat menggunakan 10 jari

credit: The seate times

Konsep dasar agar Kamu bisa mengetik dengan cepat adalah dengan cara bagaimana pemposiian jari-jari kamu pada keyboarad.

Untuk kelompo jari kiri kamu lakukanlah dengan meletakkan jari-jari pada tombol huruf A, S, D dan F.

Sedangkan jari pada tangan kananmu berada di atas tombol huruf J, K, L serta?. Dengan posisi seperti ini, secara otomatis kedua jempol akan berada pada tombol spasi.

Dengan tujuan utama agar kedua jari tidak berada pada tempat yang bersilangan.

Letak jari tangan kiri di keyboard:

Letak jari tangan kanan di keyboard:

2. Mulai Gunakan 10 Jari-jarimu

tes cara mengetik cepat

credit: Online Typing org

Langkah yang selanjutnya adalah melakukan uji akurasi jari di setiap tombol keyboard. Pengujian ini bisa kamu coba dengan melakukan pengetikan beberapa kalimat berikut ini:

Kamu juga bisa mencoba melakukan tes seberapa epat kamu bisa mengetik dengan melakukan test di situs pengeekan keepatan mengetik di situs onlinetyping.org

3. Mulailah Belajar Mengetik tanpa Melihat Keyboard

trik mengetik cepat

credit: Twitter

Faktanya, melihat keyboard saat mengetik bisa menghambatmu. Biasakanlah mengetik tanpa melihat keyboard sekaligus mengingat posisi setiap huruf. al ini akan melatih otak kita mulai menguasai next level.

Yaitu mengingat letak setiap huruf secara sinkron dengan jemari kita. Penggunaan jari yang dibiasakan seperti ini secara terus menerus akan membuat kita mampu untuk beradaptasi sehingga kemampuan mengetik menggunakan 10 jari kita akan meningkat.

Di dalam usaha yang awal akan ada bagian yang sulit untuk dilakukan di mana letak beberapa huruf yang menurutmu akan terasa sulit untuk dijangkau. Kamu dapat mencoba dengan cara mengintip keyboard, kemudian mengetik ulang hingga jari-jari Anda terbiasa.

Sebenarnya itu bukan karena memang benar-benar sulit, tetapi karena jari kita belum terbiasa bagaimana cara mengetik 10 jari secara cepat.

Setelah jari kita mulai terbiasa & lebih lentur, maka semua kendala akan teratasi. Mengetik menggunakan 10 jari akan lebih nyaman serta menyenangkan. Produktivitaspun akan semakin meningkat.

Pada tahap ini, diperlukan ketekunan dan pembiasaan. Sehingga nantinya yang bekerja bukan lagi mata, melainkan insting Anda yang akan membantu Anda dalam memilin huruf yang hendak Anda ketik.

4. Kuasai Dasar Keyboard Shortcuts

shortcut keyboard

credit: Pivotal Tracker

Windows maupun Mac OS memiliki banyak sekali keyboard shortcuts. Atau semacam jalan pintas yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat & mempermudah apa yang hendak kamu ketikkan. Mungkin kamu tidak menghafalkan secara keseluruhan. Kamu hanya perlu melakukan apa yang perlu kamu lakukan & butuhkan.

Hafalkanlah hal itu yang mau kamu biasanya butuhkan. Lakukan shortcut yang paling penting & paling banyak perlu digunakan. Beberapa shortcut dasar seperti di bawah ini:

Shortcuts Descriptions
Ctrl + A Menandai atau melakukan block konten secara keseluruhan
Ctrl + C Shortcut cara menyalin kata atau kalimat di suatu halaman
Ctrl + F Shortcut untuk untuk mencari & menemukan kata di sebuah halaman
Ctrl + Z Shortcut Undo/ Mengembalikan pekerjaan satu langkah sebelumnya
Ctrl + S Save / Shortcut untuk menyimpan hasil kerja
Ctrl + V Tempel / Shortcut untuk menempel hasil copy-an sebelumnya
Ctrl + X Cut/ shortcut untuk memotong kata atau kalimat dalam suatu halaman
Shift + Left Arrow or Right Arrow Menandai huruf selanjutnya
Ctrl + Shift + Left Arrow or Right Arrow Menandai kata selanjutnya
Ctrl + Left Arrow or Right Arrow Menavigasi cursor text ke kata selanjutnya tanpa menandai
Home Ke garis permulaan
End Ke akhir garis
Page Up Scroll up
Page Down Scroll down

5. Latihan dengan Games

keyboard gaming

credit: Interesting Engineering

Untuk dapat mengetik dengan cepat, kita perlu melakukan berbagai macam percobaan agar semua bisa berjalan dengan lancar. Serta Anda bisa melakukan pengetikan secara cepat.

Terkadang kamu membutuhkan bantuan untuk mendukung kemampuan kamu dalam upaya menguasai teknik mengetik dengan 10 jari. Ada banyak sekali web yang bisa melatihmu untuk menerapkan cara mengetik cepat menggunakan 10 jari.

Biasanya, situs-situs tersebut mengusung konsep bermain seperti “Typing Games”, berlomba sembari berlatih mengetik. Jadi kamu bisa melakukan belajar mengetik dengan cara yang lebih menyenangkan.

5 Cara Ampuh Mengatasi Masalah Flashdisk Tidak Terbaca Lengkap

Flashdisk Tidak Terbaca - Hanya dengan menggunakan flashdisk Anda bisa menyimpan berbagai macam jenis data tanpa harus repot-repot membawa laptop ataupun PC. Tentu saja, hal tersebut dirasa sangat efektif untuk dibawa kemanapun.

Namun sayangnya, beberapa masalah pun kerap dihadapi oleh para pengguna flashdisk. Salah satunya adalah masalah flashdisk yang tidak terbaca. Flashdisk tidak terbaca tersebut pasti akan membuat kesal para penggunanya. Terlebih, jika data-data yang ada di dalam flashdisk sangatlah penting dan harus segera digunakan.

Alasan Mengapa Flashdisk Tidak Terbaca

cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca

credit: Engineering

Sebelum melihat lebih jauh tentang cara memulihkan kembali data-data yang ada di flashdisk, alangkah baiknya jika Anda mengetahui beberapa hal yang bisa menyebabkan flashdisk tersebut tidak bisa dibaca. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui hal apa yang menjadi alasan data yang ada di dalam flashdisk tidak dapat dibaca oleh para penggunanya.

Apa sajakah hal yang menjadi alasan flashdisk tidak terbaca, berikut penjelasannya:

1. Perangkat Flashdisk Palsu

Alasan pertama mengapa data yang ada di dalam flashdisk tidak dapat terbaca adalah perangkat flashdisk yang palsu. Oleh karena itu, penting bagi Anda mencari sebuah perangkat flashdisk yang asli dan bukan abal-abal.

Jangan mudah tergiur dengan flashdisk yang memiliki harga murah namun dengan kapasitas yang besar. Boleh jadi perangkat flashdisk tersebut palsu dan tidak bisa digunakan untuk membaca data meski Anda telah menyimpannya.

2. Adanya Virus dan Malware

Sudah menjadi rahasia umum jika virus dan malware menjadi salah satu penyebab mengapa data tidak bisa dibaca, baik di PC ataupun di flashdisk. Virus dan malware tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam flashdisk karena Anda terlalu sering menyambungkannya ke sembarang PC maupun laptop.

Jika Anda sering melakukan hal tersebut, tak heran jika perangkat flashdisk yang Anda miliki telah terserang virus yang membuat data menjadi sulit dibaca.

3. Driver USB Mengalami Masalah

Alasan selanjutnya mengapa flashdisk tidak terbaca ialah karena bagian driver USB yang mengalami masalah. Misalnya yakni, USB sudah terhubung namun belum bisa terbaca oleh PC maupun laptop.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebelumnya Anda bisa mengecek driver USB lewat Device Manager lalu pilih opsi Universal Serial Bus Controllers yang ada di dalamnya.

4. Port USB atau Konektor Flashdisk Kotor

Alasan terakhir adalah port USB atau konektor flashdisk kotor. Biasanya, hal ini jarang diperhatikan oleh sebagian orang. Tak heran jika data yang ada di dalam flashdisk tidak dapat dibaca.

Jadi, pastikan bahwa Anda mengecek kondisi fisik dari flashdisk untuk memastikan bahwa tidak ada kotoran seperti debu pada bagian konektornya. Jika Anda terbiasa meletakkan PC, laptop ataupun flashdisk di tempat-tempat yang kotor, sudah pasti akan mudah bagi debu untuk menempel di bagian konektornya.

Debu yang menutupi bagian konektor tersebut kemungkinan besar dapat mengurangi kinerja dari flashdisk sehingga membuatnya sulit terbaca.

Nah, bagi Anda yang memiliki masalah perangkat flashdisk yang tidak bisa terbaca, pastikan terlebih dahulu alasan apa yang menyebabkan perangkat tersebut tidak dapat melakukan kinerjanya dengan baik. Dengan demikian, Anda bisa mengatasi masalahnya dengan mudah dan tepat.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca

cara mudah agar flashdisk bisa terbaca lagi

credit: Youtube

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab mengapa perangkat flashdisk tidak dapat bekerja dengan baik dan data-data yang ada di dalamnya tidak bisa dibaca, maka Anda juga harus mengetahui beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca mulai dari cara yang paling mudah hingga yang butuh penanganan ekstra. Penasaran? Langsung saja simak penjelasannya berikut ini;

1. Bersihkan Port USB serta Konektor Flashdisk

Salah satu penyebab mengapa data yang ada di dalam flashdisk tidak bisa terbaca ialah karena port USB atau konektor dari flashdisk kotor karena banyak debu yang menempel. Jadi, sebelum Anda melakukan penanganan yang lebih rumit, pastikan bahwa bagian sambungan tersebut bersih dari tumpukan debu.

Untuk permasalahan satu ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti:

2. Pindai dengan Menggunakan Software Antivirus

Apabila Anda sudah melakukan langkah pertama namun perangkat flashdisk yang Anda gunakan tetap masih belum bisa bekerja dengan baik, maka kemungkinan bahwa flashdisk tersebut terkena virus atau malware.

Lalu, bagaimana cara mengatasi flashdisk tidak terbaca karena masalah satu ini? Caranya ialah dengan melakukan pemindaian dengan menggunakan software antivirus.

Jika Anda ingin melakukan cara ini, pastikan bahwa menggunakan software antivirus terpercaya yang dapat bekerja secara optimal menghilangkan virus dan malware yang ada di dalam flashdisk. Meski saat ini sudah banyak antivirus yang bisa Anda gunakan, namun tetaplah jeli agar Anda bisa mendapatkan software antivirus yang terbaik.

3. Lakukan Install Ulang Driver USB Pada Flasdisk tidak Terbaca

Langkah berikutnya untuk mengatasi masalah flashdisk tidak terbaca ialah dengan install ulang driver USB tersebut. Ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan bagi Anda yang install ulang driver USB pada PC ataupun laptop. Bagaimana caranya? Yuk, langsung saja simak penjelasannya berikut ini:

  1. Langkah 1 (Bukalah Pengaturan Device Manager)
  1. Langkah 2 (Pilihlah Opsi USB Mass Storage Device)
  1. Langkah 3 (Uninstall Driver USB)

4. Dengan Menggunakan Command Prompt (CMD)

Selain dengan menggunakan beberapa cara di atas, ternyata Anda juga bisa mengatasi flashdisk yang tidak terbaca dengan menggunakan Command Prompt (CMD). Meski cara satu ini bisa dibilang lawas, namun mengatasi flashdisk yang tidak terbaca dengan menggunakan Command Prompt (CMD) cukup ampuh.

Dengan hanya melakukan beberapa perintah saja, Anda bisa mengetahui apakah flashdisk tersebut ada masalah atau tidak. Untuk beberapa perintah yang bisa Anda lakukan, langsung saja simak penjelasannya berikut ini:

  1. Langkah 1 (Bukalah Command Prompt (CMD))
  1. Langkah 2 (Masukkanlah Perintah Chkdsk)
  1. Langkah 3 (Lihatlah Status Flashdisk)

5. Dengan Menggunakan Computer Management

Nah, apabila Anda sudah yakin jika port USB tidak bermasalah serta perangkat USB bisa terhubung dengan baik, maka Anda bisa melakukan pengecekan pada penyimpanan flash memory. Lihat apakah perangkat penyimpanan tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Dengan menggunakan Computer Management ini akan membantu Anda untuk melakukan scanning, repair sampai dengan format drive sesuai dengan kebutuhan Anda. Nah, untuk penjelasan yang lebih lengkap tentang cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca dengan menggunakan Computer Management akan dijelaskan pada penjelasan berikut ini:

Langkah 1 (Bukalah Pengaturan Computer Management)

Langkah 2 (Pilihlah Opsi Disk Management)

Langkah 3 (Pilih Opsi Ubah Nama Drive)

Jika sudah, maka langkah berikutnya ialah dengan klik kanan di bagian drive flashdisk lalu pilih opsi Change Drive Letter and Paths…

Langkah 4 (Mulailah untuk Mengubah Nama Drive)

Untuk mulai mengubah nama drive ini, pada jendela Change Drive Letter dan Paths… Anda hanya tinggal klik tombol Change…

Langkah 5 (Ganti Nama Drive)

Untuk mengganti nama drive lihatlah pada menu dropdown Assign the following drive letter, Anda hanya tinggal pilih huruf yang sudah tersedia. Jika Anda sudah memilihnya, langsung saja klik ‘OK’.

Langkah 6 (Format Flashdisk dengan Menggunakan Disk Management)

Langkah 7 (Mulailah untuk Memformat Flashdisk)

Cara Memilih Flashdisk yang Tepat

cara memilih flasdisk yang terbaik

credit: Leopardots

Bisa jadi penyebab mengapa flashdisk tidak terbaca ialah karena perangkat penyimpanan portable tersebut tidak asli alias palsu. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk lebih teliti lagi dalam memiliki jenis flashdisk yang tepat.

Berikut akan dijelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih flashdisk yang tepat:

1. Perhatikan dengan Baik Casing Flashdisk

Sebelum membeli, pastikan bahwa Anda memperhatikan casing flashdisk dengan baik. Ini karena komponen flashdisk sangatlah rentan dan juga rakitannya tidak terlalu kuat. Oleh karena itu, pilihlah casing yang terbuat dari bahan yang kuat, tahan terhadap goncangan serta dipasang dengan cara yang baik.

2. Perhatikan Merk Flashdisk

Semakin terkenal merk flashdisk, maka semakin bagus kualitas yang dimilikinya. Tak hanya itu, flashdisk yang bermerk juga sudah dilengkapi dengan garansi serta standar software yang sudah teruji.

Beberapa merk flashdisk yang bisa Anda pilih ialah Adala, HP, Sandisk, Toshiba, Kingston dan beberapa merk ternama lainnya.

3. Kecepatan dalam Melakukan Transfer Data

Perhatikan pula kecepatan transfer data yang dimiliki oleh suatu flashdisk. Apabila Anda memilih flashdisk dengan transfer data yang rendah, tentu hal tersebut akan sangat mengganggu. Pilihlah flashdisk dengan transfer data yang tinggi dan sesuai dengan kebutuhan.

4. Perhatikan dengan Baik Keamanan Flashdisk

Selain memperhatikan beberapa hal di atas, penting juga bagi Anda untuk memperhatikan keamanan dari flashdisk itu sendiri. Terlebih bagi Anda yang sering menyimpan berbagai macam data penting di dalam flashdisk.

Untungnya, saat ini sudah ada banyak perangkat flashdisk yang dilengkapi dengan Security Feature seperti USB Security Flashdisk Ironkey atau Security Hardware Encryption. Nah, sebaiknya pilihlah flashdisk yang sudah dilengkapi dengan fitur keamanan tersebut.

5. Harga Flashdisk

Harga flashdisk di pasaran memang bervariasi tergantung pada merk, kapasitas, kecepatan membaca data dan masih banyak lagi. Semakin populer merknya dan semakin bagus kualitasnya, tentu harga yang ditawarkan juga semakin mahal.

Sangat disarankan bagi Anda untuk membeli flashdisk dengan harga yang mahal, mengapa? Ini karena flashdisk yang dijual dengan harga mahal memiliki kualitas yang apik dan terpercaya. Jadi, Anda tak perlu ragu untuk merogoh kocek lebih dalam agar bisa mendapatkan perangkat flashdisk terbaik.

Namun, bagi Anda yang memiliki budget terbatas, Anda bisa mencari flashdisk dengan kualitas yang hampir sama namun dijual dengan harga yang lebih murah.

Di zaman sekarang, perangkat penyimpanan portable ini sangat dibutuhkan, baik oleh para pelajar, pekerja kantoran dan lainnya. Dengan adanya flashdisk, Anda bisa menyimpan berbagai macam data dengan mudah dan tanpa ribet.

Apalagi, saat ini sudah tersedia banyak sekali flashdisk dengan desain yang simple sehingga bisa dibawa kemana saja dan tidak akan memakan tempat. Namun, salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh para penggunanya adalah flashdisk tidak terbaca. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, beberapa langkah di atas bisa Anda coba sendiri.

Cara Print Bolak Balik Dokumen Word, Excel dan PDF dengan Mudah

Cara Print Bolak-balik - Bagi Anda yang sedang mengerjakan tugas sekolah, kuliah, kantor dan tugas-tugas lainnya pasti sangat membutuhkan jasa Microsoft Word kan? Jika sedang menghadapi banyaknya tugas semacam ini, pasti akan sangat banyak biaya yang harus dikeluarkan.

Terutama biaya dalam hal pencetakan atau print dokumen tersebut. Pada umumnya orang-orang akan lebih memilih mencetak dokumen mereka dengan cara print bolak balik. Cara ini memang terbukti dapat menghemat biaya pengeluaran loh.

Jadi, bagi Anda yang selama ini masih mencetak dokumen satu halaman satu kertas tampaknya perlu berpikir lebih efisien deh.

Sebab, jika satu kertas hanya digunakan untuk mencetak satu halaman saja ini termasuk kedalam pemborosan. Bayangkan jika Anda harus mencetak puluhan, ratusan bahkan ribuan halaman dengan cara ini maka tentu saja akan banyak kertas yang Anda butuhkan dan juga banyak biaya yang harus dikeluarkan.

Lain halnya jika Anda mencetak dokumen secara bolak balik, cara ini terbukti efektif untuk lebih berhemat. Anda bisa menghemat hingga setengahnya, contohnya jika Anda harus mencetak 200 halaman maka dengan print bolak balik Anda hanya akan menghabiskan 100 kertas saja. Selain menghemat kertas Anda juga akan menghemat uang Anda.

Lantas, apa sajakah yang dibutuhkan jika ingin mencetak dokumen bolak balik? Komponen terpenting yang wajib ada adalah printer yang sudah support duplex agar bisa dijalankan secara otomatis.

1. Apakah Printer Anda Support Print Bolak-balik ?

cara print bolak-balik

credit: Business Insider

Mengingat belum semua jenis printer support akan hal ini, oleh sebab itu ketika membeli printer sebaiknya pilihlah jenis printer yang memiliki fitur duplex.

Diantara beberapa merk yang ada, Anda bisa memilih Canon, Epson, HP, Brother ataupun Panasonic. Lalu bagaimanakah jika sudah terlanjur membeli printer dan ternyata belum memiliki fitur duplex? Tenang, karena Anda masih tetap bisa mencetak dokumen bolak balik meskipun printer Anda belum memiliki fitur yang satu ini.

Jika printer yang sudah memiliki fitur duplex bisa langsung digunakan begitu saja, berbeda dengan printer yang tidak memiliki fitur ini.

Anda harus terlebih dahulu melakukan settingan atau peraturan secara manual sebelum mencetak. Memang menjadi sedikit lebih repot karena Anda harus membolak-balikkan kertas serta menekan tombol print berulang kali.

2. Cara Cek Ketersediaan Fitur Print Bolak-balik Pada Printer Anda

cara melakukan print bolak-balik melalui laptop

credit: Youtube

Sementara, jika Anda masih kebingungan apakah printer Anda sudah support terhadap fitur ini atau belum, maka Anda bisa lakukan pengecekan. Caranya cukup mudah, berikut tips yang harus diperhatikan untuk mengeceknya:

Untuk mengetahuinya Anda bisa membuka aplikasi Microsoft Word yang ada di perangkat Anda. Lalu, pilih menu Print dan carilah kotak yang menggambarkan pencetakan dua sisi, misalnya saja Double-Sided, 2-Sided ataupun Duplex. Sebelum mencetak dokumen, jangan lupa untuk selalu memeriksa preferensi ataupun pengaturan di bagian menu print.

Sebelum membahas cara print bolak balik, Anda harus mengecek ketersediaan fitur duplex dalam printer Anda dengan melihat langsung di buku panduan. Biasanya buku panduan akan menginformasikan berbagai hal yang terkait dengan produknya. Anda mungkin akan menemukan informasi apakah printer tersebut memiliki fitur duplex atau tidak.

Apabila dengan dua cara di atas belum menemukan titik terang, maka coba dengan cara yang satu ini yakni mencarinya di internet. Anda bisa mencarinya dengan menyebutkan merk serta spesifikasi printer yang Anda miliki. Buka saja Google dan tulis kata kunci yang mengindikasikan printer Anda.

Setelah mengetahui support dari printer Anda, kini Anda sudah bisa melakukan pencetakan dokumen secara bolak balik. Pencetakan ini bisa dilakukan secara manual maupun otomatis, artinya jika printer Anda terdapat fitur duplex maka cara yang Anda lakukan adalah cara otomatis.

3. Cara Print Bolak-balik

cara melakukan print pada kertas secara bolak-balik

credit: Adobe Support

Sebaliknya jika spesifikasi printer Anda belum memenuhi fitur duplex maka Anda harus mengeprint dengan cara manual.

Cara lengkapnya bisa Anda simak ulasan di bawah ini dengan seksama:

A. Cara Print Bolak Balik pada Microsoft Word Secara Otomatis

Untuk mengeprint file dokumen melalui Microsoft Word secara otomatis ini bisa dilakukan apabila printer Anda telah memiliki fitur duplex. Untuk caranya sendiri sangatlah mudah dan juga cepat sebab tidak harus mensetting yang rumit-rumit.

  1. Pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka menu word yang ada di Ms. Word. Biasanya menu tersebut berada di bagian sebelah kiri layar komputer atau laptop Anda.
  2. Selanjutnya Anda perlu klik menu pengaturan yang berada di bawah tulisan pages persis. Lalu Anda harus mengatur pengaturan yang ada menjadi “Print On Both Sides”. Pilihan tersebut akan muncul apabila printer yang digunakan sudah memiliki fitur duplex.
  3. Klik Print dan kini Anda hanya tinggal menunggu file Anda tercetak secara bolak balik.

B. Cara Print Bolak Balik pada Microsoft Word secara Manual

Cara kedua ini diperuntukkan bagi Anda yang printernya belum support terhadap fitur duplex. Caranya memang berbeda dengan jika Anda mengeprint otomatis, akan tetapi sebenarnya tidak begitu  sulit kok.

Hanya saja, perlu diingat ketika Anda mengeprint bolak balik secara manual jangan sampai Anda meninggalkan selama proses print berlangsung. Sebab Microsoft Word akan mengeprint halaman yang berada di sisi depan kertas.

Baru kemudian Anda harus membalik lembaran kertasnya agar halaman selanjutnya bisa tercetak di bagian balik kertas.

Jika dokumen yang Anda cetak berjumlah cukup banyak, jangan kaget jika Anda juga harus menghabiskan banyak waktu. Sebab dengan cara ini memang lebih banyak memakan waktu. Berikut cara print bolak balik manual yang harus Anda perhatikan:

  1. Buka file dengan format Word yang akan dicetak, selanjutnya pergilah ke kolom Print dan klik menu Manually Print on Both Sides. Lalu pilih kotak dialog Yes Flip Over.
  2. Scroll hingga ke bagian bawah dan pilih menu “Manual Duplex” serta simpan pengaturan tersebut.
  3. Jika Anda sudah mengklik menu tersebut, otomatis akan muncul penjelasan yang berisikan perintah mengisi ulang kertas yang sebelumnya sudah di cetak di sisi depannya. Anda harus memasukkan kembali kertas tersebut setelah ada perintah untuk meletakkan kertas tersebut.

C. Print Genap Ganjil

Selain cara manual di atas, masih ada cara manual lain yang biasa disebut dengan cara print genap ganjil. Cara yang satu ini sangat disarankan bagi Anda yang sedang menulis sebuah karya ilmiah, skripsi, jurnal dan dokumen lainnya.

Pasalnya dengan cara ini Anda juga bisa menambah halaman di bagian atas maupun bawahnya sehingga tentu akan sangat mempermudah. Yuk langsung saja perhatikan apa saja langkahnya:

  1. Buka file Word yang akan dicetak, kemudian pilih menu Print atau bisa juga menggunakan keyboard dengan menekan tombol CTRL+P
  2. Persis di bagian bawah menu pengaturan, klik menu Print All Pages
  3. Lalu klik menu yang ada di bawahnya lagi yakni menu Pages dan kemudian pilih Only Print Odd Pages
  4. Klik menu print dan jika semua Print Odd Pages sudah dicetak selanjutnya silahkan pindah ke menu Only Print Even Pages.
  5. Cara Print Bolak Balik Microsoft Excel

D. Cara Print Otomatis Bolak-balik di Microsoft Excel

Tidak hanya file format Microsoft Word saja yang bisa dicetak bolak balik, namun file dengan format excel pun bisa Anda cetak dengan fitur duplex maupun secara manual. Cara lebih lengkapnya akan dijelaskan pada langkah-langkah di bawah ini:

  1. Setelah membuka file yang akan dicetak, bukalah menu File yang ada pada menu bar bagian atas di sebelah kiri. Kemudian klik menu Print. Atau bisa juga langsung menggunakan keyboard dengan menekan tombol CTRL dan huruf P secara bersamaan.
  2. Setelah itu, pilih menu Printer List dan Anda bisa memilih printer jenis yang mana yang akan digunakan saat itu.
  3. Pada menu Setting pilihlah sub menu Print on Both Sides dan pilih menu Flip Sheets on Long Edge atau Print on Both Sides.
  4. Langkah terakhir adalah dengan menekan tombol Print yang muncul setelah Anda mengklik menu Setting Printer.

E. Cara Print Manual Bolak-balik di Microsoft Excel

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan hampir sama dengan saat mengeprint secara otomatis yakni dengan memilih menu File yang biasanya berada di bagian pojok kiri atas. Lalu pilih menu Print atau bisa dengan menekan tombol CTRL dan P secara bersama-sama.
  2. Setelah itu, Anda akan diminta memilih jenis printer yang sudah terhubung dan akan digunakan.
  3. Terlebih dahulu cetak halaman pertama dengan menuliskan angka 1 di bagian Pages box dan kemudian klik Print.
  4. Apabila halaman pertama telah berhasil dicetak, Anda harus membalikkan halaman ke yang masih kosong serta memasukkannya kembali ke dalam printer. Atur ulang bagian Pages box dan tuliskan angka 2 lalu print.
  5. Lakukan cara di atas secara berulang-ulang hingga semua halaman berhasil dicetak secara keseluruhan.

Caranya cukup mudah kan? Sama seperti saat mencetak dokumen dengan format Word. Hanya saja biasanya untuk Excel Anda harus benar-benar teliti dalam mengeblok halaman yang akan di print. Sehingga antara ukuran kertas dan halaman yang dicetak sesuai serta tidak ada tulisan maupun data yang terpotong.

F. Cara Print Bolak Balik PDF

Tidak selamanya dokumen yang akan dicetak memiliki format Word ataupun Excel. Kadang-kadang ada tugas yang mengharuskan Anda untuk mencetak berkas berformat PDF. Tidak mau kalah dengan dokumen yang ada pada Microsoft Word dan Microsoft Excel, dokumen dengan format PDF juga bisa dicetak secara bolak balik.

Untuk bisa print file PDF, Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  1. Setelah membuka dokumen dengan menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Reader atau sejenisnya. Lalu pilih menu File yang berada di menu bar yang terletak di sebelah kiri. Kemudian pilih menu Print.
  2. Setelah itu, akan muncul Booklet Subset yang harus Anda atur menjadi Both Sides. Caranya dengan memilih menu Booklet yang terdapat di kolong Page Sizing & Handling. Disitu Anda bisa mengubah Booklet subset menjadi Both Sides. Apabila semua pengaturan telah diisi dengan benar maka Anda tinggal menekan tombol Print yang tersedia.
  3. Kini Anda hanya tinggal menunggu dokumen dengan file PDF Anda tercetak secara bolak balik.

Langkah-langkah di atas berlaku bagi Anda yang menggunakan printer dengan fitur duplex di dalamnya. Lantas, apakah jika printer belum support terhadap duplex tetap bisa mencetak file PDF? Pertanyaan semacam ini kerap muncul dan mungkin inilah yang menjadi permasalahan dan menimbulkan kesulitan.

G. Cara Print Bolak-balik PDF

Jangan khawatir, pasalnya meskipun printer Anda belum menggunakan sistem duplex Anda tetap bisa mengeprint file PDF dengan format bolak balik. Adapun cara yang bisa dilakukan yakni sebagai berikut ini:

  1. Setelah membuka aplikasi PDF atau semacamnya, kemudian pilih menu File yang terdapat di pojok kiri atas. Lalu pilih menu Print, setelah itu akan muncul beberapa kolom yang harus Anda isi dan sesuaikan dengan perangkat yang Anda gunakan.
  2. Pada menu bagian bawah Page atau bertuliskan menu Odd or Even Pages. Nah, disitu Anda harus memilih Odd Pages Only. Lalu klik Print yang berada di bagian bawah kotak.
  3. Setelah halaman tercetak, langkah selanjutnya sama dengan ketika mengeprint file Word secara manual yakni mencetak halaman selanjutnya yang belum tercetak. Anda juga harus mengatur ulang Setting yang ada di menu Print dan mengganti Odd Pages Only dengan Even Pages Only.
  4. Klik menu Print lagi dan sisa halaman akan tercetak di bagian balik berkas yang telah di print sebelumnya.

Selain cara-cara print bolak balik di atas, berikut akan dibagikan juga beberapa tips yang perlu Anda ketahui mulai dari sebelum, selama dan setelah pencetakan dengan fitur duplex atau bolak balik. Tips ini dimulai dari pemilihan printer yang telah dibekali dengan fitur duplex.

4. Tips Print Bolak-balik

cara  mudah printing bolak-balik

credit: Freepict

Sebab jika tidak, Anda bisa bayangkan sendiri berapa banyak waktu yang akan dihabiskan jika harus mencetak manual dan membolak balikkan kertas. Disini Anda akan diminta untuk melakukan dua kali kerja dan dua kali tahapan sehingga tenaga yang dikeluarkan juga tentunya lebih banyak.

Selain pertimbangan tersebut, penggunaan printer yang sudah support duplex juga sangat memudahkan karena sistemnya bisa berjalan secara otomatis.

Lain halnya jika masih manual, sebab selama proses pencetakan Anda tidak diperkenan untuk meninggalkan proses tersebut. Karena Anda harus membalikkan kertas yang halamannya masih kosong.

Selain mengecek fitur yang ada di printernya, Anda juga diminta untuk mengecek apakah PC Anda sudah mendukung untuk bisa terhubung dengan percetakan duplex atau belum.

Jika PC bisa dihubungkan dengan mesin fotokopi ataupun scanner, maka Anda bisa mengikuti langkah tersebut. Sebab kedua mesin tersebut juga sudah mendukung untuk percetakan duplex.

Pencetakan dokumen dengan format bolak balik ini juga sangat membantu dalam mengurangi banyaknya limbah kertas. Selain itu, Anda juga lebih menghemat pemakaian kertas. Dengan begitu, Anda juga turut mendukung mengurangi penggundulan hutan.

Seperti diketahui bersama bahwa bahan baku pembuatan kertas adalah kayu, jika Anda semakin banyak menggunakan kertas maka akan semakin banyak pula kayu yang harus dikorbankan. Maka lama kelamaan bukan tidak mungkin hutan di Indonesia akan semakin gundul dan rusak karena terlalu sering di tebangi namun jarang ditanami kembali.

Nah, dengan cara print bolak balik ini Anda sudah turut mendukung pelestarian hutan Indonesia. Di sisi lain, dengan melakukan cara ini dokumen yang Anda cetak bisa terjilid lebih rapi dan terbukti lebih efektif.

Itulah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti jika ingin mencetak dokumen dalam format Microsoft Word. Excel bahkan PDF secara bolak balik. Baik secara otomatis maupun pencetakan manual dikarenakan jenis print yang digunakan ada yang sudah support terhadap fitur ini dan ada pula yang belum.

Semoga penjelasan di atas dapat dimengerti dan bisa membantu mempermudah Anda. Selamat mencoba semoga berhasil!

Cara Mengatasi Laptop Lemot pada Windows 7, 8, 10 & Macbook

Cara Mengatasi Laptop Lemot - Siapa sih yang gak kenal Laptop? Salah satu perangkat keras yang sangat dibutuhkan semua orang. Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin pesat berkembang hingga sukses membuat komputer berjenis PC.

Kini, perangkat ini menjadi lebih kecil dan mudah untuk dibawa kemana-mana dalam bentuk laptop maupun notebook. Pasar elektronik juga memberikan berbagai variasi jenis laptop dari merk standard hingga merk premium.

Harga yang ditawarkan juga sesuai dengan spesifikasi yang diberikan tentunya. Apapun jenis merk laptopnya, pastinya Anda juga pernah bahkan sering mengalami kelambatan atau kelemotan pada laptop Anda.

Menggunakan laptop yang lemot akan sangat menguras emosi dan kesabaran pengguna itu sendiri. Belum lagi produktivitas yang turun akibat sifat malas untuk menggunakan laptop karena kinerjanya yang lemot.

Bagi Anda yang mengalami kelemotan pada laptop Anda, penulis akan memberikan beberapa cara mengatasi laptop yang lemot.

Beberapa cara mengatasi laptop yang lemot terbagi menjadi dua fase. Pertama yaitu jika laptop berusia kurang dari tiga tahun atau masih tergolong baru, dan fase kedua yaitu apabila laptop berusia lebih dari tiga tahun atau tergolong laptop tua.Berikut adalah penjelasannya.

Cara Mengatatasi Laptop Lemot dengan Usia Kurang dari 3 Tahun

cara mengatai laptop lemot

credit:
TechRepublic

Apabila usia laptop Anda kurang dari tiga tahun, maka laptop Anda masih tergolong laptop seri terbaru yang memiliki fitur dan spesifikasi yang cenderung bisa diandalkan atau kekinian. Meskipun begitu, tidak jarang juga laptop menjadi tiba-tiba lemot karena beberapa hal pemicunya.

Berikut adalah cara mengatasi agar laptop tidak lemot jika usia laptop kurang dari 3 tahun:

1. Uninstall Aplikasi yang tidak digunakan

menguninstal aplikasi agar laptop lebih cepat

credit: elf wordpress

Menginstall berbagai aplikasi yang menurut pribadi berguna jika digunakan adalah perasaan yang wajar bagi setiap pemilik laptop.

Tetapi jika berlebihan dalam melakukan instal aplikasi secara berlebihan, memori laptop atau bisa disebut driver C secara otomatis akan penuh. Nah, karena penuh ini sistem akan bekerja lebih lambat dalam membaca hard disk.

Akibat dari hal tersebut adalah pembacaan data yang ada di dalam hard disk menjadi lebih lama dari biasanya. Sehingga laptop Anda tiba-tiba lemot.

Langkah paling tepat yaitu dengan meng-install aplikasi yang tidak penting atau jarang dibutuhkan. Beberapa aplikasi biasanya otomatis ter-install ketika Anda sedang mendownload konten dari website tertentu.

Anda bisa membuang beberapa fitur dan komponen windows. Cara ini relatif aman karena hanya akan membuang fitur windows yang jarang digunakan saja.

Selain itu usahakan pula ketika sedang menginstall suatu program, Anda memantaunya dengan software Utility agar tidak meninggalkan sampah yang banyak.

2. Bersihkan ‘Sampah’ dan Desktop

atasi latop lemot dengan bersihkan layar desktop

credit: MMORPG

Seperti rumah, komputer juga menyimpan banyak ‘sampah’ digital yang dihasilkan pada saat komputer berjalan. Sampah tersebut dapat berupa file yang telah dihapus, temporary files, recent places atau history pada browser.

File-file yang telah dihapus akan disimpan di Recycle Bin sebelum Anda menghapusnya secara permanen. Sebaiknya Anda menghapusnya secara berkala untuk menghindari full memory yang berakibat mengganggu kinerja kecepatan komputer Anda.

Selain itu, banyaknya aplikasi yang diletakkan di layar desktop juga akan membuat laptop Anda bekerja secara lambat. Apabila laptop Anda memiliki kapasitas memori yang sangat besar, hal ini tidak menjadi masalah.Hanya kemungkinan kecil bisa membuat laptop Anda semakin lemot.

Namun bila kapasitas memori laptop Anda kecil, sebaiknya selalu rutin bersihkan sampah yang ada di desktop maupun di Recycle Bin.

3. Jangan Gunakan Aplikasi Secara Berlebihan

mengurangi penggunaan aplikasi

credit: ebizLatam

Kenapa di anjurkan menggunakan aplikasi sebutuhnya saja?, karena ini akan menjaga kinerja laptop itu sendiri. Selain itu, menggunakan beberapa aplikasi atau program secara bersamaan juga menjadi penyebab laptop menjadi lambat.

Hal ini biasa terjadi apabila Anda terlalu banyak membuka aplikasi yang berat dalam sekali running. Contohnya seperti bermain game dan menjalankan aplikasi pemutar musik secara bersamaan.

Untuk menghindarinya, Anda bisa melakukan pembersihan RAM laptop dengan cara menutup aplikasi. Atau bisa juga menggunakan task manager untuk mengontrol penggunaan RAM pada saat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus.

4. Bersihkan Beberapa Program Startup

credit: SoftwareOK

Startup merupakan waktu dimana laptop mulai beroperasi. Ketika menghidupkan komputer, terdapat beberapa program yang otomatis running pada saat sistem awal masuk ke layar desktop windows atau startup.

Kecepatan startup juga dipengaruhi oleh service pada windows. Service tersebut muncul dari aplikasi sistem. Antivirus dan semacamnya adalah merupakan program startup.

Jika terlalu banyak aplikasi startup, tidak menutup kemungkinan akan terjadi hang ketika laptop baru dinyalakan. Lamanya loading komputer/laptop juga dipengaruhi oleh banyaknya program yang berjalan pada saat startup. Semakin banyak program maka akan semakin lama proses loading komputer.

Oleh karena itu, banyaknya program startup harus dibatasi. Sebaiknya hindari terlalu banyak program agar seluruh aplikasi/program di dalamnya tidak working in background dan tidak memakan kapasitas memori RAM. Jika Anda menggunakan windows 10, untuk menghilangkan startup harus dilakukan melalui task manager.

5. Instal Aplikasi Sesuai Dengan Memori Laptop

Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat software-software terbaru menjadi lebih detail dan kaya fitur sehingga menambah ukuran software tersebut. Untuk itu, jika Anda menggunakan software baru di laptop lama tentu akan sangat mempengaruhi kinerja laptop Anda sendiri.

Hal yang paling penting adalah Anda harus mengetahui spesifikasi dari laptop yang Anda miliki sebelum maupun sesudah membelinya.Selanjutnya apabila Anda ingin menginstall berbagai aplikasi pastikan sesuai dengan spesifikasi dari laptop Anda.

Jika anda diharuskan untuk menggunakan software baru, Anda bisa meng-upgrade perangkat keras komputer Anda dengan memeriksa kemampuan motherboard dan komponen pendukung lainnya apakah cocok atau tidak.

Jangan beranggapan bahwa semua laptop bisa menjalankan berbagai aplikasi. Contohnya, jika Anda menginstall game favorit yang berukuran berat padahal spesifikasi dari RAM laptop tidak memadai, maka jangan heran apabila suatu saat laptop Anda menjadi lemot.

6. Gunakan Aplikasi Pemacu Kinerja Laptop

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan laptop menjadi lambat.Salah satu penyebabnya yaitu karena si pengguna tidak optimal dalam menggunakan laptop-nya. Contohnya, menjalankan beberapa aplikasi berkapasitas besar.

Masalah tersebut bisa kamu atasi dengan menginstall software khusus yang berfungsi mendukung kinerja laptop agar menjadi lebih cepat. Aplikasi pemicu tersebut berfungsi untuk mengoptimalkan cara kerja sistem laptop Anda.

Aplikasi yang dapat digunakan untuk memicu kinerja laptop menjadi lebih optimal yaitu Ccleaner, Razer Game Booster, Iobit Advanced System Care, Advanced System Optimizer, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

7. Rajin Scanning Virus dan Update secara Berkala

Salah satu alasan klasik mengapa laptop menjadi lemot adalah karena terdeteksinya virus atau malware. Layaknya manusia, laptop juga bisa terserang penyakit yang menyebabkan penurunan performa laptop itu sendiri.

Scanning virus merupakan hal yang sangat penting dan wajib yang harus dilakukan pengguna.Sebab beberapa virus menyebabkan memori RAM menjadi kecil, sehingga memicu laptop menjadi lemot. Bahkan jika jenis virus spy yang meng-inveksi laptop Anda, dapat menyebabkan beberapa file atau dokumen penting rusak dan di retas.

Maka dari itu, Anda harus rutin melakukan scanning virus dan update secara berkala antivirus untuk mencegah laptop terkena virus yang mengakibatkan laptop Anda menjadi lemot. Pastikan spesifikasi laptop Anda mumpuni kriteria dari antivirus tersebut.Selain meng-update, Anda juga bisa meng-upgrade-nya agar lebih maksimal.

Selain itu, hindari situs-situs yang berpotensi virus. Selalu perhatikan tautan mencurigakan, email mencurigakan dan lain-lain yang membahayakan. Karena kebanyakan virus datangnya melalui situs website dari internet.

Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Masa Penggunaan Lebih Dari 3 Tahun

cara mengatasi laptop lemot

credit: YouTube

Laptop yang berusia lebih dari tiga tahun akan mengalami penurunan performa. Hal tersebut sangat wajar terutama apabila laptop sering digunakan untuk berbagai keperluan sehingga menjadikan laptop menjadi lemot.

Berikut adalah cara mengatasi laptop yang lemot karena usianya yang lebih dari tiga tahun:

1. Penambahan Kapasitas RAM

cara mengatasi laptop lemot

credit: Stereohyped

Random Access Memory (RAM) merupakan sebuah penyimpanan data/ instruksi dari processor yang sifatnya sementara. RAM sangat berperan penting dalam menjalankan suatu program. Jika spesifikasi RAM laptop Anda kecil, jangan sekali-kali menginstall program berkapasitas besar.

Cara paling mudah untuk mengobati penyakit lemot pada laptop tua Anda adalah dengan meng-upgrade RAM atau menambah kapasitas RAM pada laptop Anda. Kapasitas RAM komputer yang lebih besar akan memperbaiki proses reading oleh prosesor.

Hal tersebut akan membantu meringankan kerja laptop Anda sehingga dapat mengurangi gejala lemot pada laptop. Namun harus diperhatikan juga spesifikasi dan kapasitas maksimum RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop. Hindari menggunakan RAM yang melebihi kapasitas maksimum.

Selain menambah kapasitas RAM, anda juga bisa menambahkan Virtual Memory. Namun cara tersebut cukup rumit dan beresiko. Jadi penulis sarankan untuk menambah kapasitas RAM daripada Anda harus menginstall ulang Windows.

2. Bersihkan Drive C dan Defragmentasi Hard Disk

Hal yang biasa terjadi apabila komputer yang digunakan sudah terlalu lama/tua adalah hard disk pada Drive C menjadi penuh. Selain menyebabkan komputer menjadi lemot, tidak rutin membersihkan juga akan menyebabkan hard disk dan file di dalamnya menjadi rusak.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memindahkan file-file yang jarang digunakan ke DVD/Hard disk eksternal. Jika anda memiliki cloud storage lebih baik lagi anda simpan di cloud storage (seperti google drive). bisa juga diatasi dengan cara menghapus beberapa file berukuran besar yang jarang digunakan.

Anda juga bisa melakukan defragmentasi hard disk, yaitu mengatur ulang file-file yang berantakan. Proses defrag akan membuat data-data yang berceceran menjadi lebih teratur. Dengan data yang rapi dan teratur, kinerja hard disk otomatis akan meningkat sehingga laptop tidak menjadi lemot.

3. Bersihkan Bagian Dalam Laptop

membersihkan bagian dalam untuk memperbaiki lemot pada laptop

credit: Notebook Reviews

Pembersihan bagian dalam laptop juga menjadi hal yang harus rutin Anda lakukan.Selama lebih dari tiga tahun, bagian dalam laptop bisa saja kemasukan partikel-partikel kecil seperti debu, hewan kecil, atau materi halus lainnya yang dapat menyebabkan laptop cepat panas dan akhirnya menjadi lemot.

Seringkali ditemukan kasus laptop yang overheat. Salah satu penyebabnya bisa juga dari karena bagian dalam laptop yang kotor sehingga suhu menjadi lebih panas dari biasanya.

Maka dari itu, perlu dilakukan pembersihan pada bagian dalam laptop agar meminimalisir gejala lemot dan overheat. Pembersihan bagian dalam laptop dapat menggunakan kipas compressor yang disemprotkan ke bagian sela-sela laptop dan keyboard atau menggunakan kuas kecil dengan disapukan secara perlahan.

4. Menggunakan Thermal Paste

Thermal paste, thermal compound, atau thermal grease adalah sebuah cairan kental yang sifatnya berminyak. Biasanya digunakan untuk meningkatkan konduktivitas thermal antara dua buah permukaan dengan mengisi celah mikroskopis yang nantinya mampu menghantarkan panas lebih cepat.

Fungsi utama dari thermal paste, thermal compound, atau thermal grease lebih tepatnya adalah untuk mempercepat proses penghantaran panas dari processor ke heatsink sehingga processor tidak cepat panas. Jadi, fungsi dari thermal-thermal tersebut bukanlah sebagai pendingin.

Dengan suhu processor yang stabil akan membantu kinerja laptop menjadi tidak mudah panas dan dapat bekerja maksimal.

5. Menggunakan Netbook Cooler

cooling pad untuk mengatasi laptop lemot

credit: lazada

Netbook cooler adalah salah satu unsur yang sangat penting digunakan apabila laptop Anda sudah mengalami gejala panas yang menyebabkan lemot. Sebelumnya, anda harus mengetahui ventilasi dari laptop ada yang menghalangi atau tidak.Karena bila terhalang, otomatis perputaran udara jadi tidak lancar.

Penggunaan kipas tambahan atau cooling pad memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga suhu laptop agar tidak terlalu panas.Disamping itu juga bisa menjaga sirkulasi udara tetap terjaga dengan baik.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan vacum cooler untuk menyedot keluar udara panas yang ada di dalam laptop.Alat tersebut juga sangat membantu menjaga suhu laptop pada saat bekerja.

6. Ganti Memori HDD menjadi SDD

Menggunakan HDD menjadi salah satu penyebab laptop menjadi lemot. Kecepatan data yang digunakan relatif lambat apabila menggunakan HDD.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengganti penyimpanan HDD di laptop ke penyimpanan SSD. Cara tersebut dijamin ampuh karena akan membantu proses boating menjadi jauh lebih cepat dari biasanya dan membuat laptop menjadi responsif.

Meskipun harga SDD yang cukup mahal, untuk mengatasi laptop Anda yang lemot agar dapat bekerja lebih cepat cara ini sangat bisa jadi pertimbangan.

7. Reset atau Install Ulang Windows bila sudah Parah

menginstal ulang windows untuk mengatasi lemot pada laptop

credit: MakeUseOf

Penyebab laptop lama menjadi lemot yaitu karena sistem windows sudah error. Hal tersebut dikarenakan pemakaian software yang tidak optimal atau menjadi sering crash.

Bila sudah melakukan beberapa cara di atas namun laptop Anda masih mengalami low respond, program tidak mau berjalan, laptop tiba-tiba hang, maka install ulang windows menjadi cara terakhir yang harus Anda gunakan.

Mereset atau menginstall ulang windows adalah saat dimana windows Anda akan seperti baru. Hanya program bawaan windows saja yang terinstall. Anda bisa memulai dari awal untuk menginstall program tambahan.

Namun jika tidak tertarik untuk menginstall ulang, mengganti Windows ke Operating System (OS) yang lebih ringan seperti Linux juga bisa digunakan. Meskipun menggunakan Windows jauh lebih mendukung, setidaknya peralihan OS akan membuat kinerja Lapop menjadi lebih baik.

Mengatasi laptop lemot dapat diatasi dengan berbagai cara. Anda tidak perlu meng-upgrade hardware jika Anda sendiri tidak tahu cara mengoptimalisasinya. Setinggi apapun spesifikasi dari laptop yang Anda gunakan, tetap akan lemot apabila tidak di optimalisasi sistemnya. Optimalisasi juga harus dilakukan secara rutin agar kinerja laptop tetap terjaga.

Itulah beberapa cara agar laptop tidak mudah lemot dan bagaimana cara mengatasi laptop lemot. Semoga bermanfaat dan dapat mempercepat kerja teman-teman sekalian. Salam sukses & tetap semangat menyongsong masa depan yang cerah.