cara mengecilkan gambar

Inilah 6 Cara Mengecilkan Ukuran Foto yang Bisa Anda Coba

Mengecilkan sebuah ukuran gambar atau foto yang akan digunakan sebagai lampiran ketika mengirim dokumen memang begitu diperlukan. Baik melalui email maupun pada saat akan mengisi formulir pendaftaran pekerjaan.

Tipe file dalam gambar yang paling umum digunakan adalah JPG atau JPEG. Penggunaan kedua tipe tersebut dalam dunia website begitu digemari karena memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan tipe-tipe yang lainnya. Meskipun tak jarang terdapat pula ukuran file dari dua tipe diatas masih terlampau besar.

Lalu adakah alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan ukuran foto pada sebuah file tersebut? Tentu saja! Sekarang Anda tak perlu panic dan bisa dengan mudah untuk mengubah ukuran foto pada file dengan berbekal smartphone ataupun laptop. Sudah tidak sabar? Berikut ulasan yang bisa Anda praktekkan!

Cara Mengecilkan Ukuran File JPG

cara kompres gambar
credit: Image Recycle

JPG merupakan sebuah format foto yang kerap digunakan karena kompresinya terkenal cukup bagus. Bahkan nyaris 80% situs penerimaan berkas hanya mendukung file yang menggunakan format JPG ini. sayangnya mayoritas foto yang diambil baik dengan kamera maupun telephone gembang memiliki ukuran berkisar 1 Mb bahkan lebih.

Untuk itu beberapa metode hadir agar Anda bisa dengan mudah mengubah ukuran foto menjadi lebih kecil tanpa mengurangi kualitas gambarnya.

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengecilkan ukuran file foto dengan format JPG. Akan tetapi dibawah ini akan dijabarkan mengenai beberapa metode yang paling umum digunakan baik dengan komputer maupun handphone.

1. Cara Mengecilkan Ukuran File JPG dengan Komputer

cara mengecilkan gambar
credit: Arif Muda Siregar

Mengecilkan ukuran foto dengan menggunakan komputer bisa dilakukan secara online maupun offline. Jika online membutuhkan jaringan internet, berbeda dengan offline yang hanya mengharuskan Anda menginstal sebuah aplikasi saja.

Anda tak perlu khawatir karena dengan menggunakan langkah dibawah ini, tidak akan menimbulkan distorsi pada foto yang Anda miliki. Banyak sekali aplikasi komputer terbaru dan canggih yang dilengkapi dengan fitur memperkecil foto atau compress JPG. Langsung saja simak langkah-langkah berikut

1. Microsoft Paint

cara resize gambar dengan paint
credit: Student Case Edu

Microsoft Paint sudah pasti bisa Anda temukan pada komputer Anda karena merupakan sebuah aplikasi bawaan pada setiap perangkat Windows. Apabila Anda memanfaatkan sistem operasi tersebut, maka aplikasi ini bisa dijadikan sebagai alternatif utama.

Selain aplikasi Photoshop untuk bisa mengecilkan ukuran foto terutama format JPG.

Untuk langkah-langkahnya, Anda bisa memulai dengan meng-klik File kemudian Open dan pilih file JPG yang ingin Anda ubah ukurannya. Jika sudah, cari dan pilih tombol Resize.

Layaknya menggunakan aplikasi lain, Anda hanya perlu memperkecil dimensi gambar sesuai dengan keinginan Anda. setelah selesai maka Anda boleh menekan tombol OK.

Jika ukuran file yang Anda kecilkan sudah sesuai dengan keinginan, maka langkah terakhir yang perlu Anda ikuti adalah melakukan penyimpanan.

Pilih menu File kemudian klik tombol Save As dan dilanjutkan dengan memilih format penyimpanan gambar yakni menekan tombol JPEG Picture. Dengan begitu ukuran foto Anda sudah berubah menjadi lebih kecil. Mudah sekali bukan?

2. Adobe Photoshop

cara resize gambar dengan photoshop
credit: Teraa Net

Adobe Photoshop merupakan sebuah aplikasi edit foto unggulan yang banyak dipilih oleh berbagai kalangan. Selain bisa digunakan untuk memperkecil ukuran foto dan membuat aneka desain grafis, Photoshop banjir peminat karena mampu mengedit foto atau gambar dengan hasil yang ciamik.

Sayangnya, mereka yang kurang begitu paham dan cenderung awam dengan dunia teknologi maupun desain menganggap Photoshop sebagai tool yang susah digunakan. Bahkan hal mendasar seperti mengecilkan ukuran foto pun mereka enggan menggunakannya.

Padahal cara yang perlu dilakukan cenderung simple dan mudah untuk dipahami. Setelah Anda berhasil membuka aplikasi Adobe Photoshop, mulanya Anda perlu menekan tombol klik File lalu pilih Open untuk bisa menentukan dan membuka file gambar yang ingin Anda ubah ukurannya.

Jika sudah, buka kembali menu File dan klik Export. Setelah itu pilih dialog Save for Web agar Anda bisa melihat tampilan popup window. Di dalam tampilan pop-up window tersebut Anda akan menjumpai beberapa peraturan yang terlihat rumit.

Tak perlu khawatir, disini Anda hanya perlu memperhatikan tiga hal saja yakni Preset, Quality serta Image Size. Jika sudah, perhatikan preset yang akan Anda gunakan dan pastikan preset Anda berada pada format JPG Medium dengan Quality Medium.

Selanjutnya Anda bisa dengan sesuka hati mengecilkan ukuran foto maupun dimensi dari gambar sesuai dengan keinginan. Klik Save jika memang proses compress gambar dirasa sudah cukup dan siap untuk disimpan pada folder yang tersedia.

Sebenarnya, Anda bisa melihat estimasi ukuran file atau gambar terlebih dahulu sebelum memilih untuk menyimpannya. Untuk bisa melihat estimasinya, Anda bisa memilih tombol dibawah preview.

Sebagai catatan, cara yang dijabarkan diatas adalah panduan untuk Adobe Photoshop dengan versi terbaru yakni CC 2019. Untuk versi dibawah CC 2015, proses menyimpan dan menu Save for Web bisa dengan mudah Anda temukan apabila sudah menekan tombol File.

2. Cara Mengecilkan Ukuran File JPG dengan Aplikasi di Ponsel Android

aplikasi mengecilkan foto di Android
credit: Perfect Cube

Ketika Anda sedang berada jauh dari komputer maupun laptop atau bahkan tidak memilikinya, Anda masih tetap bisa untuk mengubah ukuran gambar dengan format file JPG. Cara ini bisa dengan mudah Anda lakukan melalui sebuah aplikasi yang terpasang di perangkat Anda.

Banyak sekali metode yang bisa Anda pilih dengan berbagai kecanggihan di masing-masing pilihannya. Namun ulasan kali ini hanya akan membahas mengenai dua opsi teratas yang paling sering digunakan;

1. Photo Compress & Resize

caramengecilkan file jpg dengan photo compress & resize
credit: Zacoda

Aplikasi yang bisa Anda pasang di android yang Anda miliki pertama adalah Photo Compress & Resize. Dengan aplikasi ini Anda bisa dengan mudah mengecilkan ukuran foto serta mengatur ukurannya sesuai dengan kehendak Anda.

Fungsi yang disuguhkan oleh aplikasi ini juga begitu sederhana dan tidak rumit sama sekali. Yakni dengan konsep mengecilkan ukuran foto JPG dengan penyesuaian yang mudah. Namun ketika pertama menggunakannya, mungkin Anda akan dibuat sedikit bingung dengan dua istilahnya yakni compress dan resize.

2. Perbedaan Resize & Compress Gambar

cara mengecilkan gambar dengan gampang
credit: Stawk Overfolow

Secara umum, kedua istilah tersebut memang memiliki arti yang sama. Perbedaan yang dimiliki keduanya hanya terletak pada perlakuan Anda pada dimensi gambar. Contohnya, ketika Anda melakukan compress pada sebuah file dengan format JPG, maka Anda hanya bisa mengurangi ukuran file saja tanpa mengubah dimensi yang ada pada gambar tersebut.

Akan tetapi Anda juga perlu mempertimbangkan kualitas gambar yang diperoleh dari proses ini. Karena meskipun bisa melakukan kompresi gambar secara berulang, Anda tetap harus berhenti ketika sudah muncul distorsi pada gambar yang Anda edit.

Kemudian untuk istilah resize sendiri memiliki arti mengubah dimensi gambar yang tentunya akan berpengaruh juga pada perubahan ukuran file yang ada.

Terdapat beberapa aplikasi yang memiliki fungsi untuk mengecilkan file gambar dengan format JPG. Namun juga menyediakan fitur compress otomatis pada saat si pengguna melakukan resize.

Nah aplikasi photo compress & resize ini menyediakan kedua opsi tersebut. Ketika Anda memilih fitur compress maka Anda akan berhadapan dengan pengaturan dengan dialog compression option.

Disini Anda hanya perlu menentukan berapa ukuran file atau sebagus apa kualitas gambar yang ingin Anda hasilkan. Untuk bisa memastikan bahwa dimensi gambar yang dihasilkan tidak akan berubah, maka Anda bisa menekan slider yang terdapat di sebelah kanan teks “Maintain Resolution”.

Apabila sudah, maka langsung klik tombol Start Compressing. Dengan begitu file milik Anda yang sudah dikurangi ukurannya akan tersimpan secara otomatis.

Namun hal ini berbeda dengan yang ada di opsi resize, karena disini selain bisa menentukan dimensi gambar Anda juga bisa melakukan kompresi dalam waktu yang bersamaan. Tentunya dialog untuk ini bisa Anda temukan pada menu Resize Option.

3. Cara Mengecilkan Ukuran File JPG Online

Tanpa memiliki laptop, computer atau bahkan aplikasi-aplikasi diatas ternyata Anda juga masih bisa mengecilkan ukuran foto dengan format JPG yakni dilakukan secara online.

Ada beragam jenis tools yang bisa Anda manfaatkan seperti  contoh iLoveIMG serta TinyJPG. Kabar baiknya lagi, kedua tool tersebut bisa dengan  mudah Anda akses dengan menggunakan komputer maupun telepon. Berikut dua tools yang bisa Anda manfaatkan:

1. TinyJPG

cara mengecilkan file gambar dengan tiny Png
credit: Add This

Tool pertama yang bisa Anda manfaatkan sebagai alternative ialah TinyJPG. Penggunaan tool ini cenderung sangat simple karena Anda hanya perlu mengunggah gambar mana yang kiranya akan Anda kecilkan ukurannya.

Untuk memilih gambar, Anda bisa mencari sebuah dialog yang bertuliskan Drop Your .png or .jpg files here! Dengan begitu proses kompresi file akan secara otomatis dilakukan. Anda bisa mengunduh hasilnya hanya dengan menekan tombol download ya.

2. iLoveIMG

cara mengecilkan gambar dengan i love IMG
credit: I Love IMG

iLoveIMG merupakan sebuah tool yang menawarkan berbagai cara untuk bisa mengedit gambar termasuk juga resize maupun compress. Untuk panduan melakukan compress pada sebuah gambar, langkah pertama yang perlu Anda lakukan ialah memilih file yang ingin Anda kecilkan ukurannya terlebih dahulu.

Untuk memilih gambar, Anda bisa menekan tombol select images.  Dengan iLoveIMG Anda bisa dengan mudah mengkompres beberapa file secara bersamaan. Ketika sudah menentukan file yang akan dieksekusi, selanjutnya Anda perlu meng klik menu Compress Image dan file gambar tersebut akan langsung terunduh pada komputer maupun smartphone Anda.

4. Cara Mengecilkan Ukuran File JPG dengan Plugin WordPress

cara mengkompres gambar di wordpress
credit; Edit Cloud Host

Bagi pengguna WordPress, ada kabar baik untuk Anda. Dimana sekarang Anda tak perlu lagi repot-repot me-resize atau compress gambar sendiri, sebab WP saat ini sudah menawarkan alternatif yang jauh lebih simple dan cepat yakni menggunakan plugin.

Ada beberapa plugin yang banyak digunakan oleh pengguna WP untuk mengecilkan ukuran file JPG, yakni Shortpixel Image Optimizer dan Smush Image and Optimization.

1. ShortPixel Image Optimizer

cara mengecilkan gambar dengan plugin short pixel
credit: WP blog

Shortpixel Image Optimizer merupakan salah satu plugin yang bisa digunakan untuk mengkompres gambar pada WP dan dapat digunakan terhadap thumbnail.

Sayangnya, plugin ini hanya bisa dipakai bagi pengguna yang sudah mendapatkan API key-nya. Tapi tak perlu khawatir, karena API Key-nya ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Setelah proses install plugin selesai, Anda bisa langsung scroll ke bagian bawah halaman untuk mendapatkan API key ShortPixel.

Isi alamat email yang Anda gunakan untuk membuat website WP pada kolom, kemudian klik tombol “request key” . Beberapa saat kemudian Anda akan mendapatkan email masuk dari ShortPixel. Setelah itu langsung masukkan API key-nya pada kolom kedua halaman WP dan klik tombol Validate.

Selanjutnya Anda sudah bisa mengakses menu ShortPixel melalui Media-Bulk ShortPixel pada dashboard WP.

2. Smush Image Compression and Optimization

cara menggunakan smush image compression
credit: Youtube

Plugin lain yang bisa Anda gunakan untuk mengkompress gambar melalui WP adalah Smush Image. Penggunaan plugin ini sangat mudah dan tanpa ribet. Setelah plugin terinstall dan aktif, Anda bisa langsung masuk pada menu pengaturan melalui dashboard WP untuk menggunakan fiturnya.

Cara kerja Smush sendiri sangat sederhana. Saat Anda membuka pengaturan plugin, maka fitur Bulk Smush akan memeriksa seluruh file image pada Media Library website WP Anda. Selanjutnya plugin ini Anda memberikan info terkait jumlah file yang harus dikompres.

Jika sudah dicek keseluruhan, Anda tinggal klik “Bulk Smush Now” pada bagian pojok kanan bawah halaman atau klik “Re-check” untuk mengecek ulang file gambar yang ingin dikompres.

Pada plugin ini, Anda juga akan mendapati fitur Directory Smush yang memungkinkan pengguna mengkompres file gambar yang belum diunduh pada media library WP. Caranya dengan memilih folder letak file yang ingin dikompres, kemudian klik tombol “choose directory”.

Mengapa Ukuran File JPG Perlu Dikecilkan?

cara mengubah ukuran gambar paling mudah
credit: Medium

Mungkin banyak diantara Anda yang masih bertanya-tanya, mengapa ukuran file JPG perlu dikecilkan padahal hal ini akan menurunkan kualitas sebuah gambar? Berikut ini tiga alasan penting mengapa kompres gambar untuk Website itu penting;

1. Menghemat Ruang Penyimpanan Server

gambar ukuran kecil untuk menghemat penyimpanan server
credit: Dribbble

Meskipun Anda memiliki kemampuan untuk membeli layanan web hosting yang mempunyai kapasitas penyimpanan besar, namun apa salahnya jika Anda pun bisa melakukan penghematan sebesar mungkin?

Dengan melakukan kompres gambar inilah Anda bisa menghemat ruang penyimpanan server secara besar-besaran. Selain itu, Anda juga bisa membuang file-file yang tidak penting atau sudah tak digunakan lagi.

2. Mempercepat Loading Website

mempercepat kecepatan website
credit: Web Hosting UK

Umumnya, ukuran halaman website akan mengalami peningkatan dalam setiap tahunnya. Ambil saja contoh tahun 2014, dimana ukuran rata-rata halaman website 2 MB, sementara pada tahun 2019 sudah mencapai 4MB. Peningkatan yang cukup besar ini tentu bisa jadi masalah dalam kecepatan loading website.

Penambahan ukuran website sendiri bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya jenis konten yang dimuat dalam website tersebut serta teknologi yang mendukungnya, seperti CSS dan JavaScript. Terlebih lagi jika ukuran file gambar pada website tersebut rata-rata masih mencapai 21 persen dari ukuran halaman.

Oleh sebab itu, optimasi atau kompres gambar memiliki peran yang begitu penting untuk mempercepat loading website Anda.

3. Kecepatan Website Berpengaruh Positif

manfaat kecepatan website
crdit: Redy.host

Bagi pengguna WP yang familiar dengan SEO atau Search Engine Optimization, pasti Anda sudah tahun jika tahun 2020 lalu Google menentukan kecepatan website untuk menentukan ranking dari hasil pencarian.

Singkatnya, website yang lambat akan sangat sukar mendapatkan ranking tinggi, sehingga tak heran jika para pengguna website akan berusaha sebaik mungkin untuk meningkatkan kecepatan website.

Anda bisa mencoba beberapa cara mengecilkan ukuran foto di atas sesuai dengan kebutuhan. Meski penting untuk meresize ukuran foto, tapi perlu diingat jika Anda tetap harus memperhatikan kualitas. Dengan begitu tampilan foto tetap akan enak dipandang.

Leave a Comment