Aplikasi Fidusia Online Memberi Kemudahan dan Lebih Praktis

3 min read

aplikasi fidusia

Aplikasi Fidusia – Perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti saat ini, sangat membantu dalam berbagai macam aktivitas. Bahkan saat ini pengurusan dokumen juga sudah ada yang bisa dilakukan secara online. Seperti pajak kendaraan bermotor hingga masalah urusan Fidusia.

Aplikasi Fidusia online menjadi salah satu terobosan yang dilakukan oleh Dirjen Administrasi Hukum Umum Kemenkumham.

Terobosan ini dilakukan dalam rangka sebagai pemberian layanan untuk masyarakat. Pelayanan jasa hukum dalam bidang Fidusia diharapkan bisa lebih akurat, cepat dan tentunya bebas dari pungutan liar.

Dan meminimalisir keadaan yang tidak diharapkan. Berikut beberapa penjelasan singkat mengenai aplikasi Fidusia berbasis online dan cara penggunaannya.

Apa Itu Aplikasi Fidusia Secara Online

aplikasi fidusia
credit: fidusia.ahu.go.id

Jika dahulunya pendaftaran Fidusia harus dilakukan secara langsung dengan datang ke Kantor Pendaftaran Fidusia yang mana biasanya akan memakan waktu sangat lama sampai berbulan-bulan.

Kini masalah tersebut mulai teratasi dengan kehadiran aplikasi Fidusia online. Sertifikat online sekarang bisa dicetak dalam jangka waktu yang sangat singkat, yakni sekitar tujuh menit saja.

Bahkan biaya untuk pendaftaran Fidusia juga semakin berkurang. Pasalnya notaris akan melakukan pembebanan untuk biaya pembuatan akta pada perusahaan pembiayaan. Tentunya hal tersebut tentunya akan sangat menguntungkan sebab selama ini jadi mahal karena waktu dan juga banyaknya pihak yang terlibat.

Dengan begitu, aplikasi Fidusia secara online ini adalah aplikasi yang memberikan banyak sekali manfaat. Misalnya saja penggunaan waktu untuk mencetak sertifikat Fidusia yang cepat, pendaftaran bisa dilakukan secara online dan biaya rendah.

Menu Pada Aplikasi Fidusia

credit: AHU Online

Sama halnya dengan menu pada aplikasi lainnya, aplikasi Fidusia online juga memiliki berbagai macam fitur yang tentunya akan memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Nah di bawah ini adalah beberapa fitur dalam aplikasi tersebut.

1. Pengecekan

Setelah membuka aplikasi, menu awal yang akan muncul adalah menu pengecekan dapat kita jumpai. Lalu, pengecekan seperti apa yang disediakan dalam aplikasi ini?

KPF dalam sejauh ini perjalannya banyak menghadapi berbagai macam dan bentuk pertanyaan yang berasal dari lembaga pembiayaan, kepolisian, kejaksaan, perorangan, lembaga swadaya masyarakat serta pihak lain terutama yang berkaitan dengan jaminan Fidusia dari kendaraan bermotor.

Beberapa pertanyaan yang berkaitan dan mungkin sering sekali muncul misalnya saja apakah benar kendaraan yang bersangkutan sudah difidusiakan atau justru belum?

Jika memang sudah benar kendaraan tersebut telah difidusiakan, selanjutnya kapan waktu yang digunakan untuk dilaporkan serta dibuat pada hadapan notaris yang mana tentunya harus jelas.

Dalam menu pengecekan aplikasi Fidusia online, database yang mana menyediakan info berupa nomor pendaftaran, alamat penerima Fidusia, nama, jenis Fidusia, waktu pendaftaran, nomor akta, nama notaris, tanggal akta dan area kantor wilayah.

Di atas adalah beberapa menu dari pengecekan namun ada satu elemen yang mana tidak dapat dilakukan pengecekan yakni mengenai rincian secara lengkapnya.

2. Tanggal Terdaftar dari Objek Jaminan Aplikasi Fidusia

Jika Anda ingin melakukan pendaftaran Fidusia pada aplikasi Fidusia online. Hal yang mana sangat perlu untuk diperhatikan yakni mengenai kapan objek dari Fidusia tersebut akan didaftarkan.

Keseluruhan biasanya akan terhitung sejak tanggal dari proses input atau tanggal pembayaran PNBP. Dan juga tanggal tercetak sertifikat jaminan dari Fidusia. Beberapa hal tersebut menjadi patokannya.

Hal ini menjadi aspek yang relatif sangat penting serta perlu diperhatikan. Sebab mengingat banyak sekali hal yang kemungkinan dapat terjadi. Dalam kurun waktu di antara tanggal penerimaan berkas, tanggal pada saat pembuatan akta, tanggal proses input.

Serta tanggal pembayaran PNBP serta tanggal terbit dari sertifikat jaminan Fidusia yang relatif sangat cepat.

3. Jenis-Jenis Transaksi Fidusia

Sebagai upaya agar bisa lebih mengenal lagi aplikasi Fidusia online, Anda tentunya  juga harus mengenal dahulu sistem seperti apa yang di dalam aplikasi tersebut. Di dalam sistem ada beberapa macam transaksi seperti halnya dengan pendaftaran, daftar transaksi dan juga pencarian dari sebuah objek.

Semua sistem tersebut sudah bisa Anda manfaatkan, akan tetapi pada menu perubahan, proses pembuatan yang ada di dalam aplikasi Fidusia ini masih berlangsung.

Pada bagian menu pencarian dari objek yang sudah disediakan sistem, masih tetap sama dimana para pengguna. wajib memasukkan berbagai nomor dari sertifikat jaminan Fidusia mirip halnya dengan pengecekan pada menu login.

Di dalam daftar transaksi aplikasi Fidusia online, ada menu pencarian yang mana pencarian tersebut akan didasarkan oleh nomor registrasi yang berasal dari transaksi username bersangkutan.

Hal ini sifatnya hanya bisa mengecek transaksi dari username akses tersebut saja. Untuk bagian mengecek akses username lainnya masih belum dapat Anda lakukan. Meskipun begitu masih tetap sangat terbantu bukan?

Cara Menginput Data Pada Sistem

credit: ThoughtCo

Jika Anda pemula mungkin masih sedikit bingung mengenai cara untuk menggunakan aplikasi ini, termasuk juga dengan cara input data yang ada di sistem. Anda tidak perlu merasa khawatir sebab cara yang digunakan sangat mudah dan juga sederhana. Bahkan tidak perlu banyak hal yang perlu diinput.

Dalam sistem yang ada di aplikasi Fidusia online, proses input data bisa dilakukan dalam suatu box yang mana sudah disediakan di dalamnya. Sedangkan bagian tampilan memang cenderung cukup kecil. Meskipun begitu pada saat Anda mencoba untuk melakukan input, karakter yang dituliskan bisa lebih dari jumlah 1000 karakter.

Pada saat Anda belum mencoba mencetak surat untuk pernyataan maupun sertifikat jaminan dari Fidusia yang mana memiliki jumlah karakter yang cukup banyak mungkin hal ini akan dirasa cukup membingungkan. Meskipun begitu, Anda masih bisa untuk memahami sebelum melakukan proses input data ke dalam sistem selama beberapa waktu.

Syarat Aplikasi Fidusia Online

syarat aplikasi fidusia
credit: Paggun

Bagi kelompok ritel dimana ingin melakukan pendaftaran untuk jaminan Fidusia secara online, maka sebaiknya siapkan dulu beberapa dokumen yang nantinya akan digunakan. Nah di bawah ini beberapa dokumen tersebut:

  • KTP
  • NPWP
  • NIK
  • Alamat tempat tinggal atau alamat domisili.
  • Surel aktif yang mana harus menggunakan Google Mail atau Gmail
  • Nomor telepon yang masih aktif
  • Foto diri pemohon.

Syarat-syarat tersebut perlu di-scan ke dalam bentuk gambar. Gambar tersebut juga harus jelas dan mudah untuk dibaca. Jika sudah dilakukan maka kini giliran untuk unggah semua dokumen melalui formulir  yang telah sudah disediakan dari aplikasi.

Dengan keberadaan aplikasi Fidusia online satu ini, pengurusan untuk jaminan usaha yang mana membutuhkan jaminan Fidusia bisa dilakukan dengan jangka waktu singkat yakni satu hari atau dikenal one day service.

Hal ini dimulai dari proses pendaftaran untuk sertifikat hingga proses pencetakan sertifikat yang mana dapat dilakukan sendiri dan juga dilakukan oleh wakil kuasanya.

Bagaimana, cukup menarik bukan? Kini semua akan terasa lebih praktis dan juga mudah. Bagi Anda yang membutuhkan aplikasi fidusia ini bisa langsung unduh dan pelajari petunjuk pemakaian sehingga bisa terasa lebih mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *