Cara Unreg Kartu Indosat ketika Hilang & SMS Penyedot Pulsa Lengkap

Pemerintah kini telah memberlakukan peraturan terbaru terkait dengan kartu prabayar baru, yang mana himbauan ini mau tidak mau harus Anda jalankan. Meskipun menjadi sedikit lebih rumit tetapi Anda harus tetap mendaftarkan nomor kartu prabayar Anda menggunakan KTP maupun KK.

Pemberlakukan peraturan semacam ini berlaku bagi semua operator, meskipun nantinya jika sudah tidak digunakan Anda harus melakukan cara unreg kartu Indosat, Telkomsel, XL dan lainnya. Tujuan utama dari penggunaan kartu identitas untuk mendaftar ini adalah demi melindungi agar data pengguna lebih aman.

Kenapa Kartu SIM Harus Didaftarkan / Registrasi ?

cara mendaftarkan kartu SIM
credit: Refrez

Selain itu, pihak operator juga bisa memantau aktivitas dari pengguna kartu. Apakah ada yang perlu dicurigai atau tidak terlebih yang melanggar hukum yang berlaku di negara ini.

Pada intinya, penggunaan data ini demi meminimalisir terjadinya penyalahgunaan kartu yang seharusnya digunakan untuk saling berkomunikasi, tetapi justru digunakan untuk tindak kejahatan.

Maka dari itu, meskipun ribet akan lebih baik jika Anda tetap mematuhi dan menjalankan imbauan ini untuk keamanan serta kenyamanan bersama. Memang, imbauan ini bahkan diwajibkan bagi semua pengguna tanpa pilah pilih.

Awalnya penggunaan kartu dengan identitas yang sama hanya diperbolehkan maksimal tiga kartu saja. Tiga kartu ini untuk semua operator termasuk juga Indosat. Jika Anda ingin menggunakan lebih dari tiga kartu maka Anda harus melakukan unreg kartu yang telah terdaftar sebelumnya terlebih dahulu.

Namun, ada kabar terbaru bahwa pembatasan penggunaan jumlah kartu ini sudah dihilangkan. Kendati demikian, tidak ada salahnya jika Anda tetap melakukan unreg pada kartu yang telah terdaftar dan sudah tidak dipakai.

Kenapa Harus Unreg Kartu Indosat Anda ?

paket internet indosat ooreedoo
paket internet indosat ooreedoo

Perlu diingat, pembatalan registrasi kartu Indosat dengan cara ini mengharuskan Anda menggunakan kartu Indosat yang ingin Anda unreg. Jika kartu sudah hilang maka Anda bisa menggunakan cara lain yang telah disebutkan diatas.

Cara unreg kartu Indosat perlu dilakukan dengan berbagai alasan, diantaranya adalah karena adanya pembatasan penggunaan kartu prabayar. Yang mana satu nama hanya bisa meregistrasi tiga kartu saja dari semua jenis provider.

Adanya pembatasan yang pernah pemerintah umumkan tersebut kemudian mengharuskan semua jenis provider menyediakan fitur unreg agar pelanggannya tetap bisa menggunakan lebih dari tiga kartu. Fitur tersebut pada kenyataannya memang sangat memudahkan para penggunanya.

Hanya saja dari setiap provider termasuk Indosat memiliki cara sendiri-sendiri, mulai dari melakukannya via SMS, internet, website, aplikasi dan juga bisa langsung mendatangi gerai resminya. Dengan begitu, pihak operator akan membantu Anda untuk menonaktifkan kartu prabayar Anda.

Selain alasan tersebut, ada juga segelintir orang yang menonaktifkan kartu demi menjaga keamanan data. Sehingga meskipun kartu sudah tidak digunakan, tidak ada orang lain yang bisa menyalahgunakan atas nama data Anda.

Hal lain yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah masalah ketentuan bagi kartu yang sudah di unreg. Meskipun layanan unreg kartu semakin mudah, ketika nomor sudah di registrasi dan di unreg maka secara otomatis nomor tersebut tidak bisa digunakan lagi selamanya.

Ini menandakan, Anda harus melakukan penonaktifan terhadap kartu prabayar yang memang sudah jelas tidak akan digunakan dan diakses kembali. Anda juga harus memastikan data sebelum unreg dilakukan, jangan sampai ada data yang tertinggal dan kemudian hilang begitu saja.

Cara Unreg Kartu Indosat

cara melakukan unreg pada kartu indosat
credit: Jaya Herlambang

Proses unreg ini adalah proses dimana Anda akan melakukan penonaktifan kartu yang sudah tidak terpakai sebelum kartu tersebut dibuang. Sehingga data Anda akan aman dan tidak bisa digunakan oleh orang lain yang mungkin saja menemukan kartu yang telah Anda buang.

Bayangkan saja jika orang yang menemukan kartu tersebut kemudian menggunakannya kembali dan digunakan untuk tujuan penipuan maupun kejahatan lain. Maka disini yang akan dirugikan adalah Anda, sebab data Andalah yang masih tercatat di pusat.

Kenyataan semacam ini berlaku untuk semua jenis operator tanpa terkecuali, termasuk juga Indosat.

Cara unreg kartu Indosat pun sangat beragam dan tergolong mudah. Mulai dari melalui SMS, Online, maupun mendatangi gerai secara langsung.

Adapun alasan unreg kartu Indosat pun beragam, bukan hanya agar bisa mengganti dengan nomor lainnya tetapi bisa juga karena sering menyedot pulsa, karena kartu telah hilang dan beberapa alasan lainnya. Agar lebih mudah untuk dimengerti.

Meskipun layanan secara online ini masih belum banyak digunakan karena memang masih terdapat keterbatasan layanan, Anda tetap bisa menggunakan alternatif Customer Service. Anda bisa menghubunginya kapan saja, terutama di jam-jam operasional kerja.

Ketika sudah tersambung Anda bisa menceritakan kesulitan Anda yang berhubungan dengan kartu Indosat. Setelah itu, pihak CS akan segera membantu kesulitan Anda tersebut. Namun, jika CS sulit dihubungi karena terlalu sibuk maka Anda bisa beralih menggunakan cara lain yang tidak kalah mudahnya.

Layanan SMS Penyedot Pulsa yang Menjengkelkan

unreg sms penyedot pulsa
credit: Tribun Jogja

Tidak sedikit pelanggan setia Indosat yang merasa diresahkan karena seringkali pulsanya tersedot oleh layanan-layanan yang tidak diketahui. Biasanya layanan penyedot pulsa ini akan bekerja dengan cara mengirimkan SMS, ketika SMS diterima maka otomatis pulsa Anda akan langsung tersedot.

Jika terus menerus dibiarkan tentu saja ini akan sangat merugikan Anda. Layanan ini bukanlah tergolong tindakan kriminal akan tetapi tindakan yang muncul akibat dari Anda mungkin berlangganan terhadap suatu layanan.

Anda mungkin tidak pernah melakukan pendaftaran dengan cara mengetik “reg” atau semacamnya. SMS ini bisa muncul karena Anda mungkin tidak sengaja telah mengklik iklan yang sering berdatangan di internet.

Dikarenakan telah terdaftar secara otomatis, maka Anda juga akan secara langsung berlangganan dengan semua konten yang dikirimkan via SMS. biasanya peristiwa semacam ini kerap terjadi pula pada pelanggan Indosat. Untuk jumlah pulsa yang disedot sendiri beragam, mulai dari 2000 hingga nominal yang cukup besar.

Nah, agar kejadian ini tidak terus merugikan Anda, maka perlu dilakukan cara unreg kartu Indosat. Dengan melakukan ini, SMS yang berisi layanan penyedot pulsa pun bisa dihentikan. Yuk langsung saja simak cara-cara ampuhnya berikut ini:

Cara Unreg Penyedot Pulsa Via SMS

cara Unreg kartu Indosat yang tersedot pulsanya
credit: Androdot

Anda bisa menghentikan layanan penyedot  pulsa dengan mengirimkan SMS. Caranya pun sangatlah mudah hanya dengan beberapa langkah berikut:

  1. Buka menu pesan yang ada di ponsel Anda, lalu pilih tulis pesan seperti biasa ketika Anda hendak mengirimkan pesan.
  2. Pada kolom nomor tujuan, isi dengan nomor 726
  3. Pada kolom tulis pesan, isi dengan tulisan STOP
  4. Kemudian setelah itu Anda bisa langsung mengirimkannya. Tidak lama kemudian Anda akan menerima pesan balasan yang menginformasikan jika Anda sudah berhenti berlangganan layanan tersebut
  5. Selamat proses telah selesai dan layanan penyedot pulsa pun kini sudah tidak akan mengganggu Anda lagi.

Cara Unreg Melalui UMB *726#

cara menonaktifkan langganan penyedot pulsa
credit: Kuota Media

Baca Juga: Paket Internet Indosat Termurah

Cara unreg kartu Indosat kedua untuk menghentikan layanan penyedot pulsa yang terjadi pada pelanggan adalah dengan melalui dial UMB. Adapun cara-cara lebih jelasnya sebagai berikut:

  1. Klik menu telepon yang terdapat di kumpulan menu pada ponsel Anda
  2. Ketik *726# kemudian lakukan panggilan
  3. Setelah itu, secara otomatis akan muncul menu status dan stop. Menu status berguna untuk mengecek apa saja layanan yang diikuti oleh nomor Indosat Anda. Sedangkan menu stop digunakan untuk menghentikan langganan terhadap layanan tersebut.
  4. Dikarenakan tujuan Anda adalah untuk unreg atau menghentikan layanan, maka pilihlah menu yang ke 2 dengan cara balas dan ketik angka 2.
  5. Apabila langkah di atas sudah dilakukan maka akan ada SMS yang memberitahukan bahwa Anda sudah tidak berlangganan lagi.

Via UMB *123*44#

Cara lain yang juga bisa dilakukan adalah dengan UMB dial *123*44#. Tatacaranya tidaklah jauh berbeda dengan cara yang sebelumnya sudah dijelaskan, yakni:

  1. Pilih menu telepon dan ketikkan *123*44# dan panggil
  2. Pada layar akan ditampilkan menu Unreg dan Unreg SEMUA. Beda kedua mnu tersebut adalah jika Anda memilih menu yang hanya unreg maka Anda hanya akan menghentikan satu layanan saja layanan. Sementara jika Anda memilih menu unreg SEMUA maka Anda akan berhenti berlangganan pada semua layanan.
  3. Sebaiknya pilih saja menu yang kedua dengan mengetikkan angka 2
  4. Setelah beberapa saat, akan ada SMS masuk yang berisikan pernyataan bahwa Anda sudah tidak berlangganan lagi.

Ketiga cara tersebut merupakan cara paling ampuh yang bisa Anda lakukan jika mengalami kejadian seperti diatas. Jika pulsa Anda terus tersedot jangan panik dan tidak usah terburu-buru untuk mengganti nomor Indosat Anda dengan nomor yang baru.

Cara Unreg Kartu Indosat yang Hilang

cara menonaktifkan kartu yang hilang
credit: Shutterstock

Apabila Anda ingin menonaktifkan kartu Indosat Anda yang posisi kartunya tidak jelas dimana alias telah hilang. Maka cara unreg kartu Indosat berikut bisa Anda simak agar membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Indosat, Telkomsel dan provider yang lain telah menyediakan solusi jika ada pelanggannya yang mengalami hal ini. Caranya adalah dengan menghubungi layanan customer service melalui nomor (021)30003000 khusus bagi pengguna Indosat.

Cara lain lagi yang bisa ditempuh adalah dengan datang langsung ke gerai Indosat. Anda sampaikan saja permasalahan Anda, kemudian mintalah untuk menonaktifkan atau memblokir nomor yang telah hilang tersebut. Tujuan utamanya tentu saja untuk menghindari penyalahgunaan dan juga agar tidak bisa dipakai oleh orang lain.

Beberapa syarat yang harus disiapkan dan dibawa jika Anda mendatangi gerai adalah kartu identitas diri berupa KTP dan juga KK. Identitas juga harus disesuaikan dengan data yang digunakan pada saat awal pendaftaran.

Jika setelah diperiksa data yang ditemukan sesuai dengan data yang Anda berikan, maka dari pihak Indosat akan segera melakukan pemblokiran.

Proses pemblokiran ini sebaiknya secepatnya dilakukan setelah nomor hilang. Karena apabila Anda sudah melaporkan hal tersebut, dari pihak operator akan menambahkan nomor Anda yang hilang tersebut ke dalam daftar nomor hilang.

Dengan begitu, nomor Anda tersebut sekarang sudah tidak bisa lagi digunakan di jaringan mana saja. Hal ini juga turut memastikan bahwa kartu Anda yang hilang tidak bisa digunakan oleh orang lain sehingga pasti akan membuat Anda sedikit lebih lega.

Meskipun kartunya sudah hilang, tenang saja karena Anda bisa saja meminta gantinya kepada operator. Bahkan dengan nomor kartu yang sama persis dengan yang telah hilang. Kendati demikian, teruslah berhati-hati dan jaga semua barang milik Anda agar tetap berada di tempat yang aman.

Cara Unreg Kartu Indosat Via SMS

cara unreg via sms
credit: Klubtekno

Selain cara-cara diatas, bagi Anda pengguna Indosat bisa melakukan cara unreg kartu Indosat melalui SMS. cara ini masih menjadi cara termudah yang bisa dilakukan karena langkahnya hampir sama dengan pada saat Anda akan mengirimkan SMS pada umumnya.

Sebelum melakukan unreg, pastikan Anda memiliki pulsa ya, karena jika tidak ada pulsa sama saja Anda tidak bisa melakukannya. Berikut langkah-langkahnya:

  • Seperti biasa, Anda harus terlebih dahulu membuka menu SMS yang terdapat pada ponsel Anda. Cara ini berlaku untuk semua ponsel ya baik yang sudah berteknologi android maupun yang belum.
  • Pada kolom nomor penerima Anda bisa mengetikkan angka 4444, sedangkan pada kolom tulis pesan Anda bisa menuliskan UNPAIR#Nomor Telepon Anda# kemudian klik kirim.
  • Selang beberapa menit setelah pesan dikirim, tunggu beberapa menit hingga muncul SMS balasan yang berisi pemberitahuan. Pastikan dalam pemberitahuan tersebut Anda telah berhasil melakukan unreg nomor yang Anda maksud.

Cara Menjaga Agar Masa Aktif Kartu Indosat Anda Tidak Kadaluarsa

cara menjaga agar kartu SIM tidak kadaluarsa
credit: IBTimes

Sebetulnya, proses unreg tidak perlu dilakukan jika Anda bisa tetap menjaga aktif kartu. Caranya adalah dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Melakukan Pengisian Pulsa

Seperti diketahui bersama bahwa proses pengisian pulsa akan sangat berpengaruh terhadap masa aktif kartu prabayar Anda. Lakukan pengisian pulsa secara berkala sebelum tanggal masa aktif tiba.

Untuk mengetahui tanggal masa aktif kartu Anda, bisa dilakukan pengecekan dengan dial di nomor yang biasa untuk mengecek pulsa. Dengan secara teratur mengisi pulsa akan membantu menjaga kartu Anda tetap aktif.

  1. Melakukan Pengisian Voucher Internet

Jika saat ini penggunaan pulsa sudah tidak begitu gencar mengingat SMS dan telepon sudah jarang digunakan. Alternatif lainnya yang bisa Anda gunakan adalah mengisi voucher internet yang sekarang lebih sering digunakan.

Pengisian voucher maupun pembelian paket internet ini juga bisa loh menambah masa aktif kartu Anda. Biasanya masa aktif disesuaikan dengan masa aktif voucher yang Anda beli. Jika Anda membeli voucher untuk satu bulan maka masa aktif kartu Anda juga akan bertambah selama satu bulan dan seterusnya.

  1. Menukarkan Pulsa

Cara unreg kartu Indosat tidak perlu dilakukan dengan cara menukarkan pulsa. Dengan menggunakan cara ini Anda bisa menukarkan pulsa dengan masa aktif. Langkah yang harus dilakukan sangatlah simpel hanya dengan mengirimkan SMS ke nomor 555 disertai kode berikut:

  • untuk menambah masa aktif selama 3 hari Anda bisa mengetik “Aktif3” dengan harga Rp. 2.000
  • untuk menambah masa aktif selama 14 hari Anda bisa mengetik “Aktif14” dengan membayar seharga Rp. 5.000
  • untuk menambah masa aktif selama 30 hari Anda bisa mengetik “Aktif 30” dengan membayar seharga Rp. 10.000
  1. Menerima Pulsa dari Pengguna Indosat Lain

Tips ke empat agar masa aktif bertambah adalah dengan menerima transferan pulsa dari sesama pengguna Indosat lain. caranya cukup mudah yakni dengan mengirim SMS dengan format TRANSFERPULSA<spasi>NOMOR TUJUAN<spasi>NOMINAL PULSA kemudian kirim format tersebut ke nomor 151.

Biaya yang dikenakan untuk transfer pulsa adalah Rp. 600,- dengan minimal sisa pulsa setelah ditransfer adalah Rp. 5.000. Lama masa aktif yang bisa didapat dengan layanan satu ini tergantung dari nominal pulsanya. Semakin banyak nominal pulsa yang didapat maka semakin lama pulsa masa aktif yang akan dirasakan.

Minimal transfer adalah 5.000 dengan masa aktif 3 hari, sementara jika menginginkan masa aktif paling tidak satu bulan atau lebih Anda harus menerima transferan Rp. 100.000 ke atas. Mudah sekali bukan cara yang satu ini?

  1. Menukar Poin

Tipa selanjutnya agar Anda tidak harus melakukan cara unreg kartu Indosat adalah dengan menukarkan poin senyum dan nuga senyum poin plus-plus yang sudah Anda miliki. Guna mengetahui poin yang Anda miliki bisa dicek dengan cara mengirimkan SMS.

Format SMSnya adalah POIN dan kirim ke 7887. Apabila setelah dicek poin yang dimiliki lebih dari 25 maka Anda sudah bisa menukarkannya dengan masa aktif. Cara menukarkannya juga menggunakan SMS dengan format ketik “MA 25” kirim ke 7887, maka Anda akan mendapat masa aktif selama 1 minggu.

Angka “25” bisa diganti dengan angka lain sesuai dengan poin yang dimiliki. Dengan begitu masa aktif yang didapat juga tentunya akan disesuaikan dengan banyaknya poin.

Itulah pembahasan terlengkap mengenai cara unreg kartu Indosat dengan berbagai alasannya. Bagi Anda pengguna Indosat, Anda bisa memilih cara mana saja yang paling mudah dan paling disukai sesuai keadaan Anda pada saat itu. Semoga dapat membantu dan berhasil guys!

Leave a Comment