5 Cara Ampuh Mengatasi Masalah Flashdisk Tidak Terbaca Lengkap

Flashdisk Tidak Terbaca – Hanya dengan menggunakan flashdisk Anda bisa menyimpan berbagai macam jenis data tanpa harus repot-repot membawa laptop ataupun PC. Tentu saja, hal tersebut dirasa sangat efektif untuk dibawa kemanapun.

Namun sayangnya, beberapa masalah pun kerap dihadapi oleh para pengguna flashdisk. Salah satunya adalah masalah flashdisk yang tidak terbaca. Flashdisk tidak terbaca tersebut pasti akan membuat kesal para penggunanya. Terlebih, jika data-data yang ada di dalam flashdisk sangatlah penting dan harus segera digunakan.

Alasan Mengapa Flashdisk Tidak Terbaca

cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca
credit: Engineering

Sebelum melihat lebih jauh tentang cara memulihkan kembali data-data yang ada di flashdisk, alangkah baiknya jika Anda mengetahui beberapa hal yang bisa menyebabkan flashdisk tersebut tidak bisa dibaca. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui hal apa yang menjadi alasan data yang ada di dalam flashdisk tidak dapat dibaca oleh para penggunanya.

Apa sajakah hal yang menjadi alasan flashdisk tidak terbaca, berikut penjelasannya:

1. Perangkat Flashdisk Palsu

Alasan pertama mengapa data yang ada di dalam flashdisk tidak dapat terbaca adalah perangkat flashdisk yang palsu. Oleh karena itu, penting bagi Anda mencari sebuah perangkat flashdisk yang asli dan bukan abal-abal.

Jangan mudah tergiur dengan flashdisk yang memiliki harga murah namun dengan kapasitas yang besar. Boleh jadi perangkat flashdisk tersebut palsu dan tidak bisa digunakan untuk membaca data meski Anda telah menyimpannya.

2. Adanya Virus dan Malware

Sudah menjadi rahasia umum jika virus dan malware menjadi salah satu penyebab mengapa data tidak bisa dibaca, baik di PC ataupun di flashdisk. Virus dan malware tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam flashdisk karena Anda terlalu sering menyambungkannya ke sembarang PC maupun laptop.

Jika Anda sering melakukan hal tersebut, tak heran jika perangkat flashdisk yang Anda miliki telah terserang virus yang membuat data menjadi sulit dibaca.

3. Driver USB Mengalami Masalah

Alasan selanjutnya mengapa flashdisk tidak terbaca ialah karena bagian driver USB yang mengalami masalah. Misalnya yakni, USB sudah terhubung namun belum bisa terbaca oleh PC maupun laptop.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebelumnya Anda bisa mengecek driver USB lewat Device Manager lalu pilih opsi Universal Serial Bus Controllers yang ada di dalamnya.

4. Port USB atau Konektor Flashdisk Kotor

Alasan terakhir adalah port USB atau konektor flashdisk kotor. Biasanya, hal ini jarang diperhatikan oleh sebagian orang. Tak heran jika data yang ada di dalam flashdisk tidak dapat dibaca.

Jadi, pastikan bahwa Anda mengecek kondisi fisik dari flashdisk untuk memastikan bahwa tidak ada kotoran seperti debu pada bagian konektornya. Jika Anda terbiasa meletakkan PC, laptop ataupun flashdisk di tempat-tempat yang kotor, sudah pasti akan mudah bagi debu untuk menempel di bagian konektornya.

Debu yang menutupi bagian konektor tersebut kemungkinan besar dapat mengurangi kinerja dari flashdisk sehingga membuatnya sulit terbaca.

Nah, bagi Anda yang memiliki masalah perangkat flashdisk yang tidak bisa terbaca, pastikan terlebih dahulu alasan apa yang menyebabkan perangkat tersebut tidak dapat melakukan kinerjanya dengan baik. Dengan demikian, Anda bisa mengatasi masalahnya dengan mudah dan tepat.

Baca Juga: Cara Mengecilkan Ukuran Foto

Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca

cara mudah agar flashdisk bisa terbaca lagi
credit: Youtube

Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab mengapa perangkat flashdisk tidak dapat bekerja dengan baik dan data-data yang ada di dalamnya tidak bisa dibaca, maka Anda juga harus mengetahui beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca mulai dari cara yang paling mudah hingga yang butuh penanganan ekstra. Penasaran? Langsung saja simak penjelasannya berikut ini;

1. Bersihkan Port USB serta Konektor Flashdisk

Salah satu penyebab mengapa data yang ada di dalam flashdisk tidak bisa terbaca ialah karena port USB atau konektor dari flashdisk kotor karena banyak debu yang menempel. Jadi, sebelum Anda melakukan penanganan yang lebih rumit, pastikan bahwa bagian sambungan tersebut bersih dari tumpukan debu.

Untuk permasalahan satu ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan seperti:

  • Pertama, bersihkanlah port USB dan konektor flashdisk dengan menggunakan kuas pembersih agar partikel debu yang menumpuk dapat terangkat.
  • Bersihkan juga lempengan kuningan yang ada di flashdisk dengan menggunakan karet penghapus (jika konektor USB tersebut merupakan tipe terbuka).
  • Setelah itu, coba hubungkan flashdisk di laptop atau PC lain. Hal ini berguna untuk menguji apakah yang rusak laptopnya atau flashdisk yang digunakan.

2. Pindai dengan Menggunakan Software Antivirus

Apabila Anda sudah melakukan langkah pertama namun perangkat flashdisk yang Anda gunakan tetap masih belum bisa bekerja dengan baik, maka kemungkinan bahwa flashdisk tersebut terkena virus atau malware.

Lalu, bagaimana cara mengatasi flashdisk tidak terbaca karena masalah satu ini? Caranya ialah dengan melakukan pemindaian dengan menggunakan software antivirus.

Jika Anda ingin melakukan cara ini, pastikan bahwa menggunakan software antivirus terpercaya yang dapat bekerja secara optimal menghilangkan virus dan malware yang ada di dalam flashdisk. Meski saat ini sudah banyak antivirus yang bisa Anda gunakan, namun tetaplah jeli agar Anda bisa mendapatkan software antivirus yang terbaik.

3. Lakukan Install Ulang Driver USB Pada Flasdisk tidak Terbaca

Langkah berikutnya untuk mengatasi masalah flashdisk tidak terbaca ialah dengan install ulang driver USB tersebut. Ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan bagi Anda yang install ulang driver USB pada PC ataupun laptop. Bagaimana caranya? Yuk, langsung saja simak penjelasannya berikut ini:

  1. Langkah 1 (Bukalah Pengaturan Device Manager)
  • Pertama, hubungkan terlebih dahulu perangkat flashdisk yang tidak bisa terbaca dengan menggunakan PC ataupun laptop
  • Setelah itu, klik kanan pada logo Windows yang berada di bagian kiri bawah layar, lalu pilih Device Manager
  • Tunggu beberapa saat sampai Device Manager terbuka.
  1. Langkah 2 (Pilihlah Opsi USB Mass Storage Device)
  • Apabila Anda sudah berhasil masuk ke jendela Device Manager, carilah opsi Universal Serial Bus.controllers
  • Selanjutnya, buka menu dropdown, kemudian carilah perangkat yang bernama USB Mass Storage Device (jika mengalami error maka akan diberi tanda dengan warna kuning).
  1. Langkah 3 (Uninstall Driver USB)
  • Klik kanan pada USB Mass Storage Device, lalu pilih opsi Uninstall Device. Apabila muncul pop up peringatan, Anda hanya tinggal klik Uninstall aja
  • Tunggu hingga proses uninstall selesai. Setelah selesai, Anda bisa melepas dan memasangkan kembali flashdisk untuk segera digunakan. Anda juga bisa me-restart PC atau laptop terlebih dahulu.

4. Dengan Menggunakan Command Prompt (CMD)

Selain dengan menggunakan beberapa cara di atas, ternyata Anda juga bisa mengatasi flashdisk yang tidak terbaca dengan menggunakan Command Prompt (CMD). Meski cara satu ini bisa dibilang lawas, namun mengatasi flashdisk yang tidak terbaca dengan menggunakan Command Prompt (CMD) cukup ampuh.

Dengan hanya melakukan beberapa perintah saja, Anda bisa mengetahui apakah flashdisk tersebut ada masalah atau tidak. Untuk beberapa perintah yang bisa Anda lakukan, langsung saja simak penjelasannya berikut ini:

  1. Langkah 1 (Bukalah Command Prompt (CMD))
  • Setelah PC atau laptop dihidupkan, segera hubungkan perangkat flashdisk. Setelah itu, klik kanan pada Windows lalu ketik “command prompt” untuk bisa membuka Command Prompt
  • Selanjutnya, pilih command prompt dan tunggu beberapa saat hingga terbuka.
  1. Langkah 2 (Masukkanlah Perintah Chkdsk)
  • Setelah Anda memasukkan perintah chkdsk G: yang berarti melakukan sebuah pengecekan disk (check disk) pada drive G
  • Jika sudah, maka huruf yang ada di drive harus disesuaikan terlebih dahulu dengan apa yang ditampilkan di flashdisk pada laptop ataupun PC Anda.
  1. Langkah 3 (Lihatlah Status Flashdisk)
  • Setelah Anda memasukkan perintah tersebut, klik Enter untuk melihat status flashdisk
  • Command Prompt akan memberikan informasi secara detail kepada Anda tentang kondisi flashdisk tersebut, mulai dari kapasitas, volume label dan berbagai macam informasi lainnya
  • Jika sistem mendeteksi error pada flashdisk Anda, maka ada tampilan khusus di jendela yang akan ditampilkan.

5. Dengan Menggunakan Computer Management

Nah, apabila Anda sudah yakin jika port USB tidak bermasalah serta perangkat USB bisa terhubung dengan baik, maka Anda bisa melakukan pengecekan pada penyimpanan flash memory. Lihat apakah perangkat penyimpanan tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Dengan menggunakan Computer Management ini akan membantu Anda untuk melakukan scanning, repair sampai dengan format drive sesuai dengan kebutuhan Anda. Nah, untuk penjelasan yang lebih lengkap tentang cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca dengan menggunakan Computer Management akan dijelaskan pada penjelasan berikut ini:

Langkah 1 (Bukalah Pengaturan Computer Management)

  • Hal pertama kali yang harus Anda lakukan ialah dengan menghubungkan flashdisk dengan port USB yang sudah tersedia di laptop atau PC Anda.
  • Berikutnya, bukalah pengaturan Computer Management dengan cara klik kanan pada logo Windows yang berada di pojok kiri bawah layar PC Anda, lalu pilih opsi Computer Management.
  • Tunggu beberapa saat sampai jendela layar Computer Management muncul pada layar Anda.

Langkah 2 (Pilihlah Opsi Disk Management)

  • Lihatlah tab yang ada di sebelah kiri, kemudian pilih opsi Disk Management.
  • Pada tahap ini, pastikan bahwa flashdisk yang sudah Anda pasangkan tersebut terdeteksi dengan baik, misalnya saja flashdisk (G:) diikuti dengan tanda Removable serta kapasitas yang dimilikinya.

Langkah 3 (Pilih Opsi Ubah Nama Drive)

Jika sudah, maka langkah berikutnya ialah dengan klik kanan di bagian drive flashdisk lalu pilih opsi Change Drive Letter and Paths…

Langkah 4 (Mulailah untuk Mengubah Nama Drive)

Untuk mulai mengubah nama drive ini, pada jendela Change Drive Letter dan Paths… Anda hanya tinggal klik tombol Change…

Langkah 5 (Ganti Nama Drive)

Untuk mengganti nama drive lihatlah pada menu dropdown Assign the following drive letter, Anda hanya tinggal pilih huruf yang sudah tersedia. Jika Anda sudah memilihnya, langsung saja klik ‘OK’.

Langkah 6 (Format Flashdisk dengan Menggunakan Disk Management)

  • Apabila langkah sebelumnya sudah Anda lakukan, pastikan bahwa nama drive yang telah diubah tersebut telah berubah.
  • Jika ternyata flashdisk tersebut masih belum bisa digunakan, Anda bisa melakukan format flashdisk terlebih dahulu di Disk Management dengan cara klik kanan kemudian pilih opsi Format.

Langkah 7 (Mulailah untuk Memformat Flashdisk)

  • Untuk memformat flashdisk ini, pastikan bahwa Anda tidak salah dalam memilih drive. Karena jika salah, maka yang ada malahan Anda memformat hardisk.
  • Pada jendela format, Anda hanya tinggal mengisi nama flashdisk, jenis file system serta size yang akan dialokasikan. Apabila sudah diisi, langsung saja klik OK.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses format selesai. Nah, kini flashdisk milik Anda sudah seperti baru lagi.

Cara Memilih Flashdisk yang Tepat

cara memilih flasdisk yang terbaik
credit: Leopardots

Bisa jadi penyebab mengapa flashdisk tidak terbaca ialah karena perangkat penyimpanan portable tersebut tidak asli alias palsu. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk lebih teliti lagi dalam memiliki jenis flashdisk yang tepat.

Berikut akan dijelaskan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memilih flashdisk yang tepat:

1. Perhatikan dengan Baik Casing Flashdisk

Sebelum membeli, pastikan bahwa Anda memperhatikan casing flashdisk dengan baik. Ini karena komponen flashdisk sangatlah rentan dan juga rakitannya tidak terlalu kuat. Oleh karena itu, pilihlah casing yang terbuat dari bahan yang kuat, tahan terhadap goncangan serta dipasang dengan cara yang baik.

2. Perhatikan Merk Flashdisk

Semakin terkenal merk flashdisk, maka semakin bagus kualitas yang dimilikinya. Tak hanya itu, flashdisk yang bermerk juga sudah dilengkapi dengan garansi serta standar software yang sudah teruji.

Beberapa merk flashdisk yang bisa Anda pilih ialah Adala, HP, Sandisk, Toshiba, Kingston dan beberapa merk ternama lainnya.

3. Kecepatan dalam Melakukan Transfer Data

Perhatikan pula kecepatan transfer data yang dimiliki oleh suatu flashdisk. Apabila Anda memilih flashdisk dengan transfer data yang rendah, tentu hal tersebut akan sangat mengganggu. Pilihlah flashdisk dengan transfer data yang tinggi dan sesuai dengan kebutuhan.

4. Perhatikan dengan Baik Keamanan Flashdisk

Selain memperhatikan beberapa hal di atas, penting juga bagi Anda untuk memperhatikan keamanan dari flashdisk itu sendiri. Terlebih bagi Anda yang sering menyimpan berbagai macam data penting di dalam flashdisk.

Untungnya, saat ini sudah ada banyak perangkat flashdisk yang dilengkapi dengan Security Feature seperti USB Security Flashdisk Ironkey atau Security Hardware Encryption. Nah, sebaiknya pilihlah flashdisk yang sudah dilengkapi dengan fitur keamanan tersebut.

5. Harga Flashdisk

Harga flashdisk di pasaran memang bervariasi tergantung pada merk, kapasitas, kecepatan membaca data dan masih banyak lagi. Semakin populer merknya dan semakin bagus kualitasnya, tentu harga yang ditawarkan juga semakin mahal.

Sangat disarankan bagi Anda untuk membeli flashdisk dengan harga yang mahal, mengapa? Ini karena flashdisk yang dijual dengan harga mahal memiliki kualitas yang apik dan terpercaya. Jadi, Anda tak perlu ragu untuk merogoh kocek lebih dalam agar bisa mendapatkan perangkat flashdisk terbaik.

Namun, bagi Anda yang memiliki budget terbatas, Anda bisa mencari flashdisk dengan kualitas yang hampir sama namun dijual dengan harga yang lebih murah.

Di zaman sekarang, perangkat penyimpanan portable ini sangat dibutuhkan, baik oleh para pelajar, pekerja kantoran dan lainnya. Dengan adanya flashdisk, Anda bisa menyimpan berbagai macam data dengan mudah dan tanpa ribet.

Apalagi, saat ini sudah tersedia banyak sekali flashdisk dengan desain yang simple sehingga bisa dibawa kemana saja dan tidak akan memakan tempat. Namun, salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh para penggunanya adalah flashdisk tidak terbaca. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, beberapa langkah di atas bisa Anda coba sendiri.

Leave a Comment