cara menggunakan NFC

NFC adalah Teknologi Termutakhir, Yuk Simak Penjelasan Selengkapnya

Pengertian NFC – Bagi Anda pengguna gadget mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya NFC. Salah satu fitur yang saat ini sudah banyak digunakan di ponsel-ponsel, terutama ponsel dengan kelas mid-range dan juga kelas flagship. Teknologi ini sudah disematkan pada smartphone sejak pertama kali dirilisnya Android 4.0.

NFC juga turut mendukung aplikasi yang digunakan untuk pembayaran secara digital dan nirkontak sehingga tidak memerlukan bantuan kontak yang ada di ponsel. Misalnya saja seperti Samsung Pay atau ada juga Apple Pay. Lantas Apa sebenarnya NFC itu? Yuk langsung saja kupas tuntas tentang NFC berikut ini.

Apa itu NFC?

NFC adalah
Credit: Smart Tech

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication atau lebih mudahnya merupakan alat yang digunakan untuk komunikasi dalam jarak  yang dekat.

Demi mendukung lancarnya komunikasi jarak dekat ini, Anda harus menyediakan dua perangkat sekaligus yang saling kompatibel. Salah satu perangkat berperan sebagai transmitter dan perangkat lain sebagai penangkap sinyal.

Ada dua jenis perangkat yang memang kompatibel dengan NFC, yaitu perangkat yang aktif dan perangkat pasif. Contoh dari perangkat pasif yakni kartu untuk uang elektronik atau bisa juga perangkat transmitter kecil lain yang memiliki kemampuan untuk menginformasikan kepada perangkat lain akan tetapi tidak membutuhkan biaya.

Perangkat yang memiliki jenis ini tidak akan mengolah informasi yang telah diterima dari perangkat lainnya. Mereka sangat bergantung kepada perangkat lain agar tetap bisa terhubung.

Sedangkan perangkat aktif NFC adalah perangkat yang mampu menerima maupun mengirim data. Misalnya saja yang paling banyak digunakan adalah smartphone yang sudah dilengkapi dengan NFC. Contoh lainnya yakni mesin pembayaran digital dan mesin lain yang sudah banyak tersedia di tempat-tempat umum.

Selain dapat digunakan untuk pembayaran melalui Samsung Pay ataupun Apple Pay, smartphone yang menggunakan NFC di dalamnya juga bisa dipergunakan untuk mengecek apakah saldo uang elektronik Anda masih atau tidak. Jika sudah habis, Anda bisa sekaligus mengisi ulangnya hanya dengan menempelkan kartu ke bagian punggung ponsel.

NFC juga memiliki kemampuan untuk menghubungkan antara perangkat yang satu ke perangkat smartphone lain dengan cara yang mudah. Dengan menggunakan fitur NFC, ponsel Anda juga bisa loh dipakai sebagai tiket . Baik tiket untuk menaiki transportasi umum maupun untuk memasuki sebuah acara.

Cara Kerja NFC

cara kerja NFC
credit: Art for Life Ru

Apabila dilihat dari cara kerjanya, NFC adalah perangkat yang mirip dengan bluetooth ataupun WIFi. Kedua perangkat tersebut sangat bergantung kepada gelombang radio agar bisa mengirimkan informasi.

Tidak beda jauh dengan cara kerja NFC yang menggunakan Radio-frequency Identification  agar bisa menyampaikan informasi dari perangkat satu dengan lainnya. Hanya saja gelombang radio yang digunakan adalah gelombang radio jenis lama yang masih memanfaatkan induksi elektromagnetik.

Proses penginduksian arus elektrik juga bisa digunakan menggunakan NFC komponen pasif jika hanya untuk mengirimkan data. Selain itu, komponen pasif juga harus terisi daya untuk bisa digunakan sebab yang diandalkan adalah medan elektromagnetik.

Dimana medan tersebut merupakan hasil produksi dari komponen aktif pada saat dua komponen didekatkan. Hal tersebut sekaligus menjadi pembeda antara NFC dengan perangkat bluetooth.

Perlu Anda ketahui bahwa NFC tidak mampu mengisi daya ke setiap perangkat. Meskipun begitu, dengan teknologi power sharing atau yang biasa disebut dengan berbagi daya hanya dengan menempelkan antara dua perangkat. Nah, teknologi ini memanfaatkan prinsip teknologi yang menyerupai NFC.

NFC adalah perangkat yang mampu mentransmisikan data dengan kekuatan frekuensi sebesar 13,56 MHz. Hal itu berarti data Anda bisa dikirim menggunakan frekuensi mulai 106, 212 sampai dengan 424 Kb untuk setiap detiknya. Dengan frekuensi tersebut sudah bisa dibilang bahwa untuk transfer data termasuk dalam kategori cepat.

Manfaat NFC

manfaat NFC
credit: Medium

Mungkin sejumlah orang melihat NFC hanya dapat digunakan sebagai perangkat untuk mengecek serta mengisi saldo untuk uang elektronik saja. Padahal sebenarnya ada banyak sekali manfaat dari NFC yang belum Anda ketahui. Untuk itu, langsung saja yuk simak apa saja manfaat dari NFC:

  • Mengecek Saldo

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa NFC bisa digunakan sebagai alat untuk mengecek saldo uang elektronik yang Anda miliki. Uang elektronik yang diterbitkan langsung oleh bank-bank yang ada di Indonesia ini sangat membantu Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Khususnya untuk transaksi pembayaran ketika menggunakan fasilitas umum. Misalnya saja saat naik Bus Transjakarta, Commuter Line, biaya tol dan juga MRT. Nah, dengan adanya NFC Anda kini bisa mengecek saldo uang elektronik Anda dengan cepat dan mudah.

  • Melakukan Tukar Data Antar Gadget

Fungsi lain dari NFC adalah memasangkan antara dua gadget supaya bisa melakukan tukar data. Bahkan tidak hanya antar dua gadget saja tetapi juga antar perangkat. Misalnya saja antara gadget dengan printer, ponsel dengan kamera, ponsel dengan sound dan masih banyak lagi.

Perlu diingat juga, NFC bukanlah alat yang berguna untuk mentransfer data melainkan protokol agar dau perangkat dapat tersambungkan. Setelah keduanya terhubung, kemudian data akan dikirim melalui bluetooth ataupun melalui WiFi.

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini banyak kamera DSLR yang dilengkapi juga dengan NFC. Tujuannya adalah sebagai media untuk mentransfer hasil foto kamera ke ponsel dengan mudah.

Caranya Anda hanya perlu menempelkan ponsel dengan kamera sehingga keduanya terhubung. Setelah muncul keterangan kedua perangkat telah sukses terhubung maka otomatis foto yang ada di kamera bisa Anda pindahkan ke ponsel tentu saja menggunakan bantuan dari WiFi.

Selain kamera, perangkat audio seperti speaker dan headphone juga sudah banyak yang melengkapi fiturnya dengan NFC. Cara menghubungkannya sama antara NFC dan kamera, Anda akan diminta untuk mendekatkan ponsel dengan perangkat audio tersebut.

Biasanya, untuk mengirimkan data dibutuhkan bantuan dari bluetooth. Itu artinya, NFC dapat mengatasi kerepotan yang biasa terjadi pada saat pairing dengan perangkat bluetooth atau dengan menggunakan kode.

  • Transaksi Bayar-bayar Semakin Mudah

Fungsi NFC yang banyak dibutuhkan dan dimanfaatkan adalah menjadi perangkat yang bisa membantu transaksi bayar-bayar. Anda juga bisa loh menyimpan segala informasi mengenai kartu kredit dalam aplikasi Paypal atau sejenisnya, karena dengan begitu Anda hanya tinggal mendekatkan antara ponsel dengan terminal pembayaran ketika memang dibutuhkan.

Sehingga Anda tidak perlu lagi mengeluarkan kartu secara fisik, menggesekkan kartu dan juga memasukkan PIN atau tanda tangan. Keuntungan lain menggunakan NFC yakni proses pembayaran akan berlangsung dalam waktu yang sangat cepat.

Lantas bagaimana dengan jaminan keamanannya? Anda tidak perlu khawatir soal keamanan dari NFC, sebab pembayaran akan bisa dilakukan jika aplikasi seperti Samsung Pay atau sejenisnya dibuka atau aktif. Nah, baru deh tinggal dekatkan ponsel ke terminal.

Di sisi lain, pembayaran dengan memanfaatkan NFC akan bisa dilakukan dalam jarak yang bisa dibilang sangat dekat yakni dibawah 4 cm. oleh karena itu, jika dipikir-pikir akan sangat sulit bagi orang jahat yang berniat membajak atau niat jahat lainnya sebab dia juga harus berada sangat dekat dengan ponsel si pembayar.

Bahkan beberapa dari aplikasi NFC mensyaratkan validasi berbentuk sidik jari atau bisa juga menggunakan PIN. Dengan begitu, keamanan semakin terjamin karena sudah didesain untuk meminimalisir adanya hal yang tidak diinginkan tersebut.

Jadi, ketika aplikasi dalam keadaan tidak aktif bisa dipastikan pembayaran tidak akan berhasil. Gimana, sudah yakin kan dengan keamanannya?

Cara Menggunakan NFC

cara menggunakan NFC
credit: Pricebook

Setelah membahas mengenai manfaatnya yang banyak, kini akan diinformasikan mengenai cara menggunakan NFC. Namun, sebelum itu mungkin sebagian dari Anda ada yang masih bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui ponsel yang kita miliki apakah sudah dilengkapi dengan NFC atau belum. Sebab, belum semua ponsel dilengkapi dengan teknologi NFC.

Baik, untuk memastikannya silahkan Anda cek sendiri dengan cara berikut ini:

  • Bukalah menu setting
  • Pilih menu Wireless & Network kemudian pilih more atau selanjutnya
  • Lalu geser layar ke bawah. Apabila memang ponsel Anda sudah dilengkapi dengan fitur ini maka akan muncul sub menu NFC dan Android Beam.

Kadang juga ada ponsel yang di bagian belakangnya menampilkan logo NFC, logo ini juga menandakan bahwa ponsel tersebut dilengkapi dengan fitur NFC.

Sebelum melakukan proses pengiriman data Anda juga harus memastikan bahwa smartphone Anda dalam keadaan aktif. Itu artinya ponsel tidak boleh sedang dalam keadaan terkunci maupun Sleep.

Seperti diketahui bahwa NFC adalah perangkat yang mampu mengirimkan data dalam jarak dekat. Maka dari itu, saat akan melakukan pengiriman tentu saja kedua perangkat harus didekatkan kira-kira dalam jarak 10 cm. pastikan juga NFC dan Beamnya dalam keadaan aktif dengan cara klik tombol on pada menu setting.

Sedangkan cara untuk menggunakan NFC untuk transfer data diantara dua perangkat, ada syarat ponsel atau smartphone yang harus dipenuhi, diantaranya adalah:

  • Kedua perangkat harus sudah dilengkapi dengan teknologi NFC
  • Dekatkan kedua perangkat dengan posisi saling membelakangi
  • Tunggu hingga beberapa saat hingga muncul notifikasi kedua perangkat sedang saling mendeteksi
  • Pada layar perangkat yang akan melakukan pengiriman akan muncul pemberitahuan touch to beam yang berarti Anda harus mengkliknya. Jika sudah di klik, maka proses pentransferan data akan segera berlangsung dan tunggu hingga data selesai dikirim.

Ingat! Jangan pisahkan dulu kedua perangkat selama proses pengiriman agar bisa berjalan dengan sukses.

  • Apabila proses pengiriman data telah selesai, maka akan muncul suara notifikasi ataupun popup yang memberitahukan bahwa transfer telah selesai dilakukan.

Perbedaan NFC dengan Bluetooth

perbandingan NFC & Bluetooth
credit: Morioh

Seringkali orang  menyangka bahwa NFC sama dengan bluetooth, padahal keduanya merupakan perangkat yang berbeda. Hanya saja memang sama-sama dapat membantu mengirimkan data dari perangkat satu ke perangkat lainnya.

Keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Nah, kali ini yang akan dibahas yakni mengenai kelebihan dari NFC, langsung saja simak kelebihan NFC adalah:

  • Daya yang dikonsumsi oleh NFC lebih rendah dibandingkan dengan daya yang dibutuhkan oleh bluetooth. Bahkan jika dibandingkan dengan bluetooth 4 sekalipun NFC masih lebih unggul dalam hal ini. tidak hanya itu, NFC pasif juga akan tetap bisa beroperasi dengan baik meskipun hanya menggunakan induksi magnet saja.
  • Untuk masalah kecepatan koneksi. NFC juga jauh lebih unggul daripada bluetooth. Hal ini disebabkan NFC tidak perlu menggunakan manual piring yang biasa dilakukan oleh bluetooth. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu manual piring yakni memasangkan perangkat bluetooth satu dan lainnya dengan menggunakan cara mengisi kode yang berbentuk angka.

Teknologi NFC tidak perlu melakukan hal ini agar bisa terhubung karena sudah otomatis akan menghubungkan. Terlebih jika jaraknya memang sangatlah dekat.

Kekurangan NFC

kelemahan NFC
credit: Portal Guard

Meskipun jika dibandingkan dengan bluetooth ada beberapa aspek dari NFC yang lebih unggul, bukan berarti NFC perangkat yang tidak memiliki kelemahan. Sebab NFC juga merupakan buatan manusia yang tentu saja memiliki kelemahan. Apa saja kelemahannya? Inilah kelemahan NFC jika dibandingkan dengan perangkat sekelas bluetooth:

  • Jangkauan yang bisa dicapai oleh bluetooth lebih luas dibandingkan yang bisa dijangkau oleh Bayangkan saja jika bluetooth mampu menjangkau perangkat lain dalam jarak maksimal 10 meter, NFC hanya mampu menjangkau jika perangkat lain berada dalam jarak 10 cm.

Perbandingan jarak yang sangat signifikan. Akan tetapi bagi sebagian orang ini justru menjadi kelebihan bagi NFC terutama dalam hal pembayaran. Dengan jaraknya yang sangat dekat membuat transaksi mendapat perlindungan yang lebih aman. Apalagi jika dikaitkan dengan penyalahgunaan transaksi yang akhir-akhir ini sedang marak terjadi.

  • Sebelumnya sudah dibicarakan mengenai kecepatan koneksi NFC yang lebih unggul dari bluetooth. Bukan berarti dengan kemampuan koneksinya yang cepat juga berarti kecepatan proses transfer datanya juga cepat.

Sebab keadaan yang sebenarnya justru berbanding terbaik, kecepatan transfer yang dimiliki oleh NFC jauh di bawah kecepatan bluetooth. NFC adalah adalah perangkat yang hanya mampu mengakses kecepatan dalam mengirim data dengan 424 kbps saja. Sedangkan bluetooth memiliki kecepatan transfer mencapai 2,1 Mbps.

Sudah Gunakan Bluetooth, Apakah NFC Masih Penting?

pentingkah NFC
credit: Tech radar

Walaupun pada uraian di atas sudah dijelaskan mengenai perbedaan antara NFC dan bluetooth, tapi masih sering banyak pertanyaan yang timbul mengenai NFC yang diperlukan atau tidak jika sudah menggunakan bluetooth.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa masyarakat masih asing dengan yang namanya NFC karena fungsinya yang hampir sama dengan bluetooth. Sehingga mereka cenderung lebih mengenal bluetooth yang lebih dulu hadir.

Padahal jika dilihat, keunggulan NFC memang lebih bisa memudahkan jika dibandingkan dengan bluetooth. Apalagi masalah kecepatan yang jauh berbeda. Akan tetapi sangat disayangkan konsumsi NFC memang masih sangat kurang mengingat tidak semua ponsel menggunakan teknologi ini. terlebih untuk ponsel kelas menengah ke bawah.

Tidak hanya itu, untuk masalah pembayaran pun penggunaan NFC juga harus dilengkapi dengan hardware khusus. Tidak seperti teknologi terbaru yang hanya menggunakan QR code, Anda hanya membutuhkan kamera dari perangkat ponsel Anda saja tidak ada perangkat tambahan lain.

Baca juga: Cara Menghapus Akun Instagram mudah tanpa Ribet

Setelah membahas mengenai perangkat NFC paling tidak Anda jadi lebih mengetahui sebuah teknologi yang belum banyak dikenal tetapi perlu dipertimbangkan untuk digunakan dalam smartphone Anda. Meskipun dalam ponsel Anda sudah ada bluetooth yang bisa menggantikan fungsi NFC.

Jangan lupa juga untuk mengecek apakah ponsel Anda sudah menggunakan NFC atau belum dengan menggunakan cara-cara yang sudah disebutkan diatas.  Tidak ada salahnya kan mencoba hal baru agar pengetahuan juga semakin bertambah.

Masalah teknologi mana yang nantinya akan gunakan untuk mempermudah itu tergantung dari penilaian Anda terhadap kinerja keduanya dan mana yang lebih Anda butuhkan. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba teknologi-teknologi termutakhir.

Leave a Comment